Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo bekerja sama menggencarkan moderasi beragama di wilayah Pulau Sulawesi dalam upaya membangun dan membentuk masyarakat moderat.
 
Rektor UIN Datokarama Prof Lukman Thahir, di Kota Palu, Jumat, mengatakan letak IAIN Gorontalo dan UIN Datokarama yang secara geografis berdekatan, menjadi satu peluang untuk membangun sinergi dalam upaya membentuk masyarakat moderat di wilayah Pulau Sulawesi, khususnya di bagian tengah dan utara.
 
"Oleh karena itu, penting sekali dilakukan kerja sama strategis yang memanfaatkan potensi masing-masing untuk membangun masyarakat moderat," kata Lukman Thahir di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman antara UIN Datokarama dengan IAIN Gorontalo.
 
Nota kesepahaman itu ditandatangani Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Prof Zulkarnain Sulaeman dan Rektor UIN Datokarama Prof Lukman Thahir.
 
Salah satu ruang lingkup dari nota kesepahaman tersebut mengenai optimalisasi pengabdian terhadap masyarakat.

Baca juga: UIN Datokarama-Universitas Azlam kerja sama pembangunan SDM Sulteng

Lukman Thahir mengatakan salah satu bentuk program mengenai pengabdian terhadap masyarakat yakni melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.
 
UIN Datokarama sedang melaksanakan KKN Tematik yang mencakup tiga kluster meliputi kluster pelayanan publik, kluster moderasi beragama, dan kluster kewirausahaan.
 
"Oleh karena itu, kerja sama ini menjadi perekat antarlembaga yang memiliki komitmen yang sama, untuk menggencarkan moderasi beragama melalui kegiatan-kegiatan akademik salah satunya KKN Tematik Moderasi Beragama di wilayah Sulawesi," katanya.
 
Melalui kerja sama tersebut, UIN Datokarama akan membantu IAIN Sultan Amai Gorontalo terkait dengan pengembangan akreditasi program studi, utamanya mengenai hubungan internasional.

Baca juga: UIN Palu perkuat pemahaman mahasiswa baru tentang moderasi beragama
 
"Pengembangan program studi diawali dengan pelaksanaan KKN Tematik Internasional," ujarnya.
 
Kerja sama yang ditandatangani dua pihak tersebut, kata Lukman, menjadi peluang bagi IAIN Gorontalo untuk belajar menggaet mahasiswa asing atau mahasiswa yang berasal dari luar Indonesia.
 
"UIN Datokarama memiliki pengalaman menerima mahasiswa asing untuk kuliah dan kami akan bantu IAIN Gorontalo agar dapat menerima mahasiswa asing," ucapnya.
 
UIN Datokarama mendorong IAIN Gorontalo agar membentuk pusat studi internasional yang berada di bawah naungan LP2M demi menopang penerimaan warga asing kuliah di IAIN Gorontalo. Saat ini IAIN Gorontalo baru memiliki International Office.

Baca juga: UIN-Kemenag sinergi tingkatkan wawasan ASN tentang moderasi beragama
 
"Kerja sama ini juga untuk menopang percepatan transformasi kelembagaan IAIN Gorontalo menjadi Universitas Islam Negeri (UIN)," katanya.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024