Sumber airnya berasal dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis,
Medan (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi menyediakan pasokan air dengan debit 40 liter per detik di Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatra Utara, untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional 2024.

"Sumber airnya berasal dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis," ujar Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi di Medan, Jumat.

Kabir menegaskan, pemasangan jaringan perpipaan air ke seluruh Sumut Sport Center PON 2024 akan dituntaskan pada Juli.

Baca juga: Pemprov optimistis renovasi venue PON XXI di Aceh rampung pada Juli  Nantinya, dia mengatakan, jaringan menuju Sumut Sport Center itu akan ditarik dari pipa besar yang berada di sekitar Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Jarak antara Sumut Sport Center dan Bandar Udara Internasional Kualanamu sekitar 10-11 kilometer.

"Nanti pipanya tinggal disambungkan," kata Kabir.

Saat ini, dia menambahkan, pihaknya masih menyiapkan proses pembangunan jaringan tersebut dan tengah melakukan penggambaran serta penghitungan biaya.

Kemudian, untuk arena-arena PON 2024 yang ada di Medan, Kabir menyebut Perumda Tirtanadi memaksimalkan IPA-IPA yang ada di sekitar termasuk IPA Sunggal.

"Kami berkomitmen untuk melancarkan pelaksanaan PON 2024," tutur Kabir.

Baca juga: Pemprov Sumut maksimalkan Teknologi Informasi di PON 2024

Sumut Sport Center akan menjadi arena utama PON 2024 di Sumut. Di kawasan tersebut ada Stadion Madya Atletik, Arena Bela Diri dan Stadion Utama Sumatera Utara.

Stadion Utama Sumatera Utara akan menjadi lokasi acara penutupan PON 2024. Stadion yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu memiliki kapasitas mampu menampung 25.750 penonton dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni panel surya dengan efisiensi listrik tujuh persen per tahun.

PON 2024 akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh pada 8-20 September 2024. Acara pembukaan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024