Penghargaan ini merupakan buah dari konsistensi penerapan budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lingkungan unit kerja PLN IP
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) melalui Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Semarang, Jawa Tengah, meraih penghargaan internasional dalam bidang keselamatan kerja dari World Safety Organization (WSO).

"Penghargaan ini merupakan buah dari konsistensi penerapan budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lingkungan unit kerja PLN IP," kata Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan sebagai jantung dari sistem kelistrikan di tanah air, PLN IP selalu menerapkan budaya K3 di setiap proses bisnisnya, sebagai upaya mendukung program pemerintah serta memastikan setiap pekerja selalu terlindungi, terjaga, dan sejahtera.

"Kami telah menerapkannya di setiap lini, baik yang ada di unit pembangkit maupun di unit kerja lainnya. Ke depan dan seterusnya, PLN Indonesia Power akan terus meningkatkan budaya K3 secara berkelanjutan atau continuous improvement, serta terus menjadi pelopor penerapan budaya kesehatan dan keselamatan kerja," ujar Edwin.

Dalam ajang WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) dan WSO Pakistan Safety Culture Award (WPSCA) Tahun 2024 tersebut, PLN Indonesia Power meraih penghargaan dengan peringkat Gold (Level 4) karena berhasil mengimplementasikan budaya keselamatan secara konsisten dan baik.

Sementara itu, Senior Manager PLN IP UBP Semarang Flavianus Erwin Putranto, yang menerima penghargaan, mengungkapkan PLN IP Unit Bisnis Pembangkitan Semarang dapat melakukan budaya K3 di wilayah kerja ataupun operasinya karena dedikasi dan komitmen dari seluruh lapisan mulai dari manajemen hingga petugas yang ada di lapangan.

"Lebih dari ini, kami selalu mengutamakan berjalannya budaya K3 di lingkungan unit kerja, karena aspek ini merupakan yang utama dan perlu komitmen tinggi agar proses bisnis berjalan lancar serta pekerja terlindungi," ujarnya.

Chairman WSO Indonesia Soehatman Ramli mengungkapkan rasa bangganya terhadap komitmen perusahaan yang menerima penghargaan, salah satunya PLN IP UBP Semarang.

"Perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini menunjukkan dedikasi tinggi terhadap keselamatan, mengimplementasikan praktik-praktik terbaik dalam manajemen risiko dan secara konsisten mengedepankan kesejahteraan karyawan sebagai prioritas utama," jelasnya.

Baca juga: PLN Indonesia Power pastikan PLTU Bengkayang andal saat libur Lebaran
Baca juga: PLN IP pastikan pembangkit siap pasok listrik saat Lebaran

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024