Los Angeles (ANTARA News) - Selusin rekaman mendiang penyanyi country Amerika Johnny Cash yang dibuat 30 tahun lalu akan dirilis sebagai satu album tahun depan.

Legacy Recording Sony Music pada Selasa (10/12) menyatakan, "Out Among the Stars" akan dirilis 25 Maret 2014, menandai saat pertama rekaman itu diperdengarkan ke publik.

Sebanyak 12 lagu, termasuk dua lagu yang ditulis oleh Cash, direkam untuk Columbia Records di Nashville, Tennessee tahun 1981 dan 1984 namun perusahan tidak merilisnya sebelum mengeluarkan Cash dari label tahun 1986.

Rekaman lagu-lagu itu ditemukan tahun 2012 ketika putra Cash, John Carter Cash, bersama ahli membuat katalog arsip lagu Cash "Folsom Prison Blues", demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Album baru Cash akan menampilkan tiga duet, dua dengan istrinya June Carter Cash dan satu dengan penyanyi country Waylon Jennings.

Cash, yang meninggal dunia pada usia 71 tahun pada 2003, menjadi figur penyanyi  folk Amerika selama 49 tahun kariernya.

Ia adalah penyanyi, penulis lagu, aktor dan penulis yang dianggap sebagai salah satu musisi paling berpengaruh selama abad ke-20.

Meski utamanya dikenang sebagai ikon musik country, lagu-lagu Cash mencakup banyak genre termasuk rock n roll, blues, folk dan gospel.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013