Jakarta (ANTARA News) - Tampil dengan kekuatan penuh termasuk Mesut Ozil, Arsenal yang cukup bermain seri, menyusul tiga tim Inggris lainnya --Chelsea, Manchester City dan Manchester United-- ke babak 16 Besar Liga Champions, kendati kalah 0-2 dari Napoli.

Arsenal harus menyerah 0-2 dari penjamunya Napoli berkat gol Gonzalo Higuain pada menit 73 dan Jose Collejon pada menit 3 waktu tambahan.

Napoli yang harus menang sedikitnya 3-0 dari Arsenal menjadi klub pertama dalam sejarah Liga Champions yang tersisih dari fase grup dengan mengemas 12 poin.

Pada babak pertama kedua tim bermain imbang 0-0, namun tim asuhan Arsene Wenger tampil dominan dalam penguasaan bola dari penjamunya yang diasuh Rafael Benitiz itu.

Higuain nyaris menjadi pahlawan kemenangan Napoli yang pada menit 73 membuat seisi stadion tumpah dalam kegembiraan akibat golnya itu. Sayang pada pertandingan lain Dortmund yang semula akan ditahan seri 1-1 oleh Marseille malah berbalik unggul 2-1 pada menit-menit terakhir.

Jose Callejon mendapatkan Gonzalo Higuain di ujung area penalti yang mengolah bola dan mengecoh kiper Wojciech Szczesny.

Tiga menit kemudian pada menit 76, bencana menimpa Arsenal ketika pemainnya Mikel Arteta menerima kartu kuning kedua.

Pada tiga menit waktu tambahan dari waktu normal giliran Collejon menciptakan gol untuk menutup kemenangan Napoli menjadi 2-0.

Tapi gol itu gagal mengantarkan timnya melaju karena saat bersamaan Dortmund berbalik menang 2-1 dari Marseille.

Situs UEFA menyebutkan Napoli sungguh kecewa karena tersisih saat fakta menunjukkan tim ini menciptakan poin tertinggi namun tidak lolos ke babak berikutnya. Rekor poin tertinggi yang tak lolos dari fase grup sebelumnya adalah 10 poin.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013