jumlah JCH Kabupaten Banjar yang diberangkatkan 452 orang terbagi 4 kloter yakni kloter 1, 11, 12 dan 17 dengan usia termuda 18 tahun dan jamaah tertua 86 tahun.
Banjar (ANTARA) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Saidi Mansyur melepas 452 Jamaah Calon Haji (JCH) yang siap diberangkatkan ke tanah suci melalui Embarkasi Haji Banjarmasin sesuai jadwal yang ditetapkan.

Saidi didampingi Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi, Kepala Kantor Kementerian Agama M Rofii, dan pendamping melepas ratusan jamaah calon haji di Masjid Nurul Iman, Indrasari Martapura, Senin.

"Kami minta setiap jamaah menjaga kesehatan baik fisik maupun mental sehingga dalam keadaan sehat dan semangat sambil menunggu jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan PPIH," ujar bupati.

Bupati Saidi juga berpesan kepada pembimbing dan para pendamping jamaah untuk memberi pelayanan maksimal terutama kepada jamaah lanjut usia yang menjadi bagian dari rombongan tamu Allah.

"Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada jamaah yang berkesempatan menunaikan ibadah haji karena tidak semua orang berkesempatan menunaikan rukun Islam kelima," ucapnya.

Bupati Banjar juga berpesan kepada jamaah calon haji agar melaksanakan ibadah sesuai bimbingan petugas haji sehingga dapat menunaikan ibadah secara tenang dan khusyuk hingga pulang ke tanah air menjadi haji mabrur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Banjar M Rofii mengatakan tujuan pelepasan untuk memberikan bekal dan pemahaman agar jamaah bisa menjalankan ibadah dengan niat haji ikhlas, terjalin silaturahmi.

"Harapan kami, jamaah memahami ibadah yang akan dijalankan dengan penuh keikhlasan. Mereka mengikuti 10 kali manasik dan juga diminta menjaga kesehatan agar sehat dan kuat saat berangkat," ujarnya.

Ditambahkan Rofii, jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Banjar yang diberangkatkan 452 orang terbagi 4 kloter yakni kloter 1, 11, 12 dan 17 dengan usia termuda 18 tahun dan jamaah tertua 86 tahun.
Baca juga: Operasional haji 2024 di Embarkasi Banjarmasin Kalsel resmi dimulai
Baca juga: Kalsel dapat tambahan kuota haji hingga jadi 4.071 jamaah pada 2024
Baca juga: Ongkos haji Embarkasi Banjarmasin Kalsel 2024 ditetapkan Rp56 juta

Pewarta: Imam Hanafi/yose
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024