Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan informasi kejahatan kepada kami, tetap akan kami tindak lanjuti
Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Timur menggencarkan patroli bermotor untuk menekan tindak kejahatan yang kerap terjadi di wilayah tersebut.
 
"Kegiatan patroli motor ini akan terus dilakukan secara rutin agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) berjalan aman dan tertib," kata Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
 
Nicolas  sempat ikut turun memimpin patroli dengan menggunakan sepeda motor ke beberapa lokasi di wilayah Jakarta Timur, pada Senin (6/5), seperti Jalan Bekasi Barat hingga Jalan I Gusti Ngurah Rai kemudian dilanjutkan ke wilayah Pasar Deprok, Duren Sawit.
 
Patroli perlu dilakukan, jelas dia, untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif dalam mencegah tindak kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian sepeda motor (curanmor) serta tawuran.
 
"Saya berharap selain pihak Kepolisian, minta juga kepada warga yang bermukim disini, bersama-sama untuk mengantisipasi terjadinya aksi tindak kejahatan yang bisa saja sewaktu-waktu terjadi dalam kehidupan sehari hari, maka dari itu kita perlu saling peduli dengan lingkungan sekitar dan menjaganya," kata Nicolas.
 
Menurut dia patroli berkendaraan atau mobile bersama anggota ini selain bersilahturahmi dengan masyarakat juga diharapkan bisa meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas.
 
"Sehingga, wilayah kita akan menjadi aman dan kondusif serta dengan patroli dapat mendekatkan diri langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.
 
Dengan kehadiran petugas Polri di lapangan, kata Nicolas, setidaknya dapat mencegah dan mengurungkan niat para pelaku kejahatan untuk melaksanakan aksinya.
 
"Kami terus mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan proaktif dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing," ujarnya.
 
Dia juga meminta masyarakat untuk menginformasikan kepada kantor Kepolisian terdekat apabila ada hal-hal yang mengganggu situasi kamtibmas, sehingga dapat ditangani petugas dengan cepat.
 
"Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan informasi kejahatan kepada kami, tetap akan kami tindak lanjuti," kata Kapolres Jaktim.
Baca juga: Polres Metro Jaksel tingkatkan patroli untuk antisipasi tawuran
Baca juga: Polisi tangkap pelaku jambret yang kerap beraksi di Jakarta Utara 
Baca juga: Kejahatan telah bergeser dari psikologis ke teknologi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024