Jakarta (ANTARA) -
Penyanyi dan penikmat fesyen Andiensyah mengatakan dirinya bisa mengekspresikan perasaannya melalui fesyen dengan memadu padankan motif dan warna sesuai suasana hatinya.
 
“Aku percaya sebenarnya apa yang dipakai sehari-hari bisa menjadi media mengekspresikan perasaan, dan apa yang bisa mewakili perasaan itu adalah pakaian, bisa diutarakan bisa melalui warna, paterns dan lain-lain,” kata Andien dalam acara Uniqlo x Marimekko Summer 2024 di Jakarta, Selasa.
 
Ia mengatakan dengan mencampur berbagai warna dan motif dalam satu pakaian bisa memperlihatkan suasana hati yang memakainya dan bisa menjadi ciri khas karakter tersendiri bagi yang memakai.
Andien juga mengungkapkan alasan mengapa dirinya menyukai mix and match motif karena ingin eksplorasi dan tidak ingin terpaku pada aturan yang sudah dijalani di kesehariannya.
 
“Aku merasa kita hidup di dunia ini sudah penuh dengan keteraturan, kalau mau sedikit eksplorasi bolehnya di dunia fesyen dan itu sah-sah saja nggak ada yang larang,” katanya.
 
Andien mengatakan sejak awal berkarir di dunia hiburan sampai saat ini, ia senang melakukan mix and match sendiri pakaiannya untuk tampil di atas panggung. Ia juga merasa ada peningkatan dalam eksplorasinya di bidang fesyen dan semakin berani untuk berpenampilan beda dengan yang lain.
 
Di sisi lain, masyarakat juga dinilainya semakin sadar dengan beragamnya model dan gaya berpakaian sehingga bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui gaya berpakaian.
 
“Karena dulu nggak ada istilah 'edgy' orang memandang aku aneh, dulu ada perasaan takut di judge, takut dibilang beda dari orang-orang, tapi sekarang banyak orang yang sudah berani mengekspresikan dirinya melalui fesyen,” katanya.
 
Ia juga mengatakan jika ingin melakukan kombinasi warna dan motif harus memiliki kepercayaan diri dan berani bermain dengan warna. Perhatikan juga aturan seperti memadukan motif besar dan kecil, dan adanya keselarasan warna dari setiap motif agar tetap enak dipandang mata.

Baca juga: Andien: Wawasan tentang gizi harus dimiliki wanita sebelum hamil 

Baca juga: Andien dirikan Setali Indonesia untuk kurangi limbah fesyen

Baca juga: Andien akui rajin olahraga untuk kesehatan fisik dan otot di masa tua

 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024