Jakarta (ANTARA) -
Penyanyi dan pegiat olahraga Andien Aisyah mengatakan perempuan sangat penting untuk menjaga kesehatan secara holistik karena merupakan bagian dari pilar penting kehidupan.
 
Dalam konferensi pers AIA Vitality Women's 10K di Jakarta, Senin, ia mengatakan perempuan yang sehat akan melahirkan generasi dan bangsa yang sehat.
 
"Perempuan juga akan jadi ibu, dan ibu yang sehat akan melahirkan anak yang sehat, generasi yang sehat, saat lahir mendidik anak yang sehat dengan memenuhi kebutuhannya dan akhirnya jadi generasi dan bangsa yang sehat," kata Andien.

Untuk memulai hidup sehat, Andien membagikan tips mulai dari hal sederhana dan mengetahui kapasitas diri masing-masing untuk mulai berolahraga.
 
Pertama, dimulai dari niat dan jangan terlalu menempatkan ekspektasi yang berlebihan. Jalan 1000-3000 langkah setiap harinya menurut Andien sudah jadi langkah awal yang baik untuk memulai hidup sehat.

Baca juga: Andien akui rajin olahraga untuk kesehatan fisik dan otot di masa tua

Baca juga: Ingin cetak memori indah jadi alasan Andien hidup sehat
 
"Jadi mulai dari sesuatu yang kira-kira bisa tercapai secara logis, jadi kalau nggak pernah olahraga sama sekali mulai dari sesuatu yang paling mungkin dicapai," katanya.
 
Tips kedua adalah mulai dari tempat yang paling sederhana yaitu lingkungan rumah sendiri yang mudah dijangkau, terlebih jika perempuan yang sudah berkeluarga. Menurut Andien, olahraga tidak harus selalu di gymnasium karena mengikuti tren atau orang lain, karena setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing.
 
Ketiga, atur waktu olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan jangan memaksakan diri dengan ritme olahraga orang lain.
 
"Kalu menurutku mulailah dari waktu yang paling masuk akal, kalau masuk akalnya 10 atau 15 menit mulai dari situ, seterusnya tambah, seminggu kemudian tambah lagi," kata ibu dari 2 anak ini.
 
Tips terakhir yang menurut dia paling penting adalah mulai dari diri sendiri dan tidak perlu menunggu orang lain. Mengikuti acara lari dengan komunitas juga menjadi cara lain yang dibagikan Andien untuk mendapatkan dukungan dengan sesama perempuan.
 
"Aku bisa bilang Women's 10K tepat dan nyaman kalau mau tingkatkan apa yang kita sudah mulai selama ini, karena jarang ada acara olahraga yang nggak mikirin 'pace time' atau 'personal best'," tutup Andien Aisyah.

Baca juga: Cara Andien Aisyah eratkan hubungan dengan sang anak

Baca juga: Andien dirikan Setali Indonesia untuk kurangi limbah fesyen

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024