Barcelona (ANTARA News) - Barcelona telah menyepakati ikatan kerja sama sponsor dengan Intel, di mana logo perusahaan produsen chip komputer itu akan dicetak di bagian dalam kaus para pemain, demikian juara Spanyol itu mengumumkan pada Kamis.

Ide di balik pemilihan posisi logo "Intel Inside" yang tidak biasa itu adalah bahwa tanda itu akan terlihat ketika seorang pemain mengangkat kostumnya saat merayakan gol, kata para ofisial Barca pada konferensi pers di ibukota Katalan, lapor Reuters.

Para pemain termasuk Lionel Messi, Neymar, dan Andres Iniesta tidak akan diwajibkan untuk memperlihatkan logo tersebut, yang akan ditambahkan ke kaus-kaus pemain untuk pertama kalinya pada pertandingan Liga Spanyol Sabtu saat mereka menjamu Villarreal di Liga Spanyol, kata Manel Arroyo, direktur klub yang bertanggung jawab untuk urusan media dan sponsor.

Arroyo menolak untuk mengungkapkan berapa besar nilai kesepakatan itu - yang berlaku selama empat setengah tahun dengan opsi perpanjangan - dengan mengatakan hal itu "dirahasiakan."

Media Spanyol dan majalah Forbes, tanpa menyebutkan sumber informasi mereka, melaporkan Intel akan membayar Barca sebesar 25 juta dolar.

Sebagai bagian dari kerja sama sponsor mereka untuk pertama kalinya di sepak bola, Inter juga akan menyediakan teknologi bagi para pemain dan staf kepelatihan serta para rekrutan di akademi Barca, kata para ofisial.

Deborah Conrad, ketua petugas pemasaran Intel, mengatakan bahwa keputusan untuk bermitra dengan Barca diambil setelah dilakukan riset terhadap "poin-poin hasrat" yang cocok, di mana perusahaan itu berharap hal ini dapat membantu mereka berhubungan dengan para konsumen.

Barca merupakan salah satu klub yang memiliki banyak komunitas sosial media, di mana klub ini memiliki ratusan juta penggemar di seluruh dunia, kata Conrad mengingatkan.

"Kami tidak ingin meletakkan para pemain di bawah kewajiban apapun untuk memperlihatkan logo secara spesifik sebanyak berapa kali, namun kami tahu bahwa perayaan-perayaan gol merupakan bagian besar di budaya olahraga," ucapnya kepada Reuters melalui telpon.

Ia juga menolak mengungkapkan berapa nilai kerja sama ini.

Sponsor-sponsor utama Barca termasuk produsen peralatan olahraga Nike, produsen mobil Audi, dan maskapai penerbangan Qatar Airways, yang logonya akan tetap tidak dicantumkan pada kaus para pemain.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013