bukan hanya sebagai salah satu sumber penerimaan yang vital bagi APBN negara, tapi di sisi lain juga berkaitan dengan lalu lintas dan aktivitas perdagangan
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal menuturkan bahwa peran Bea dan Cukai penting sebagai pelindung masyarakat (community protector) dari peredaran barang-barang ilegal serta sebagai pengawas kegiatan ekspor dan impor.

"Oleh karena itu, governance atau tata kelola dalam Bea dan Cukai adalah hal yang penting. Jika tata kelolanya baik, maka kontrol terhadap barang ekspor dan impor juga jadi maksimal, termasuk kontrol terhadap barang-barang yang ilegal," ujar Mohammad Faisal di Jakarta, Rabu.

Selain menjamin pengawasan terhadap produk ekspor dan impor, menurutnya, tata kelola Bea dan Cukai yang baik juga diperlukan untuk memastikan optimalnya penerimaan negara.

Pada triwulan pertama 2024, pendapatan negara terkumpul Rp620,01 triliun atau 22,1 persen dari total target sepanjang tahun ini.

Angka tersebut termasuk penerimaan dari kepabeanan dan cukai yang hingga Maret 2024 mencapai Rp69 triliun atau 21,5 persen dari total target selama 2024.

Baca juga: Bea Cukai Banjarmasin bantu UMKM ekspor perdana 500 arwana ke China

Baca juga: Kementerian ESDM ungkap penghapusan cukai etanol sedang dibahas


Di samping itu, ia menyatakan bahwa institusi tersebut juga mengemban peran penting untuk memfasilitasi pengadaan komoditas bagi sektor industri dan perdagangan dalam negeri.

“Fungsi Bea dan Cukai bukan hanya sebagai salah satu sumber penerimaan yang vital bagi APBN negara, tapi di sisi lain juga berkaitan dengan lalu lintas dan aktivitas perdagangan. Di sinilah titik krusialnya Bea Cukai,” kata Faisal.

Mengingat pentingnya peranan Bea Cukai tersebut, ia pun mengatakan bahwa jika tata kelola operasionalnya kurang baik, maka pengaturan keluar masuk barang dari negara lain juga tidak akan berjalan efektif.

"Hal itu dapat berdampak terhadap banyak hal terkait perekonomian dalam negeri, baik kepada konsumen maupun produsen. Industri manufaktur pun akan terimbas. Nah, di sinilah titik kritis dari peran penting Bea Cukai,” ucapnya.

Baca juga: Bea Cukai bakal perbaiki proses impor barang kiriman

Baca juga: Bea Cukai bebaskan Bea Masuk barang hibah SLB


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024