Surabaya (ANTARA) - Asosiasi pesantren Nahdlatul Ulama (NU) yang tergabung dalam Rabithah Ma'ahadil Islamiyah (RMI) mengajak pesantren untuk memenangkan perang narasi di media dan juga media sosial melalui diskusi "Pendidikan Pesantren, Media dan Spiritualitas Masyarakat Kota" di Surabaya, Rabu.

"Era digital dan media sosial ini adalah era perang narasi, karena itu pesantren harus siap ke sana agar nggak jadi bulan-bulanan media digital," kata CEO TV9 Nusantara, Hakim Jayli.

Pimpinan TV milik NU tersebut mengatakan pesantren perlu meningkatkan kemampuannya memahami dan menyusun narasi, bersama media demi memenangkan pertarungan wacana dan perang narasi.

"Guyonan ala pesantren yang saling serang antarteman itu merupakan pendidikan mentalitas, tapi media yang tidak paham pesantren akan menilai ada bullying. Ini yang perlu diluruskan," katanya.

Hakim menegaskan kalangan media, khususnya media NU siap membantu pesantren dalam perang narasi itu utamanya dalam penanganan isu atau kasus khusus yang menimpa pesantren dan menjadi sorotan publik.

Baca juga: Muslimat NU bangun nilai positif pada balita lewat pesantren Ramadhan

Pemimpin Redaksi NU Online Ivan Aulia Ahsan juga mengajak kalangan pesantren untuk melawan framing dari media yang tak paham dunia pesantren.

"Ada dua framing media yang menyasar dunia pesantren yakni pelecehan seksual dan bullying, padahal guyonan ala pesantren itu sudah biasa dan sudah ada sejak dulu, namun tujuannya semacam guyon saja untuk menguji mentalitas teman sekamar atau sekadar membunuh sepi," katanya.

Namun, kalangan pesantren juga tidak perlu terlalu buru-buru memakai UU ITE, melainkan cukup bersabar dengan memberi penjelasan dan menerima permohonan maaf, agar kalangan non-pesantren memberi apresiasi dan simpati.

Sementara itu, peneliti Alvara Research, Hari Nugroho mengajak pesantren mampu membaca data dan fenomena masyarakat kota atau masyarakat urban yang hari ini yang kian religius dan menjadikan agama sebagai hal utama dalam kehidupannya, bahkan masyarakat NU yang urban kini diperkirakan sudah mencapai 60-65 persen.

Namun demikian, masyarakat kota cenderung lebih berisik, mudah melakukan komplain dan kritik terhadap apapun yang tidak sesuai dengan harapannya, termasuk tentang pesantren melalui media sosial.

"Tren Masyarakat kota memilih pendidikan Islam dan memondokkan anaknya di pesantren kian meningkat, karena itu harus sigap mengantisipasi, misalnya keterbukaan memberikan informasi yang dibutuhkan mereka," ujar Hari.

Sementara itu, Ketua RMI Jatim KH. M. Iffatul Lathoif Zainuddin berharap melalui diskusi ini, pesantren lebih membuka diri bekerja sama dengan pihaknya serta media atau media di lingkungan NU untuk mengoptimalkan menyusun narasi tentang substansi dan kelebihan pendidikan pesantren sebagai lembaga tafaqquh fiddin, dan sigap memanfaatkan media ketika ada kritik dan sorotan publik kepada pesantren.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Thoif itu, beberapa kali pesantren disorot karena kasus tertentu, yang kalau dibiarkan dan terjadi berulang bisa tidak baik bagi nama pesantren.

"Selain pesantren harus mampu menjawab saat disorot, tetapi kita juga harus lihai menyampaikan keluhuran misi pesantren dalam mendidik akhlak ilmu generasi bangsa melalui media," ucap Gus Thoif.

Baca juga: Hardiknas 2024, ICMI ajak masyarakat untuk terus belajar

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024