Pertamina Gas berkomitmen untuk terus mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas), afiliasi Subholding Gas Pertamina, memborong 5 penghargaan pada ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024 atas implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendukung BUMDes sebagai penggerak perekonomian desa.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kepada Muhammad Baron selaku Corporate Secretary Pertagas yang meraih Penghargaan Kategori Excellent Individu, mewakili peran strategis manajemen Pertagas dalam mendukung pembangunan desa dan Pertamina Gas Operation East Java Area (OEJA) sebagai The Best Achievement Gold atas keberhasilannya dalam membina masyarakat melalui program Kidung Tanggulangin

Muhammad Baron dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan melalui berbagai inisiatif, Pertamina Gas berkomitmen untuk terus mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

"Pertagas memperkuat kemitraan multi-stakeholder, pemerintah desa sebagai pemilik wilayah, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai kelembagaan ekonomi desa dan stakeholder terkait lainnya di seluruh wilayah operasi dalam upaya penerapan CSR yang berkelanjutan,” ujar Baron menegaskan.

Dia mengatakan pula, The Best Achievement yang diperoleh Pertagas OEJA melalui programnya Kidung Tanggulangin telah berhasil membina masyarakat mengatasi permasalahan lingkungan dan membina pasien kesehatan jiwa (keswa) melalui terapi kejiwaan dengan metode menanam yang telah memberikan multiplier effect kepada masyarakat di Kecamatan Tanggulangin, Jawa Timur.

Selain itu, sebanyak 2 penghargaan kategori Gold juga diraih oleh Pertagas melalui area operasinya, yaitu Operation West Java Area (OWJA) dengan program Perisai Jaga Bumi dan Operation South Sumatera Area (OSSA) dengan program Pusaka Tani serta kategori Silver, yaitu Operation Kalimantan Area (OKA) dengan program Program Kampung Bersama yang diserahkan secara simbolis oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Program Perisai Bumi Pertagas OWJA yang meraih kategori Gold melalui program penanggulangan eduwisata berbasis kebencanaan berhasil mengatasi bahaya abrasi pantai dengan geotube, dan menjadikan satu-satunya wisata edukasi yang dikelola masyarakat dengan konsep wisata tanggap bencana.

Selain itu, program ini juga berhasil menghidupkan kembali rantai ekonomi di wilayah Pantai Rembat.

Sementara Pertagas OSSA melalui program Pusaka Tani telah memberikan multiplier effect terhadap masyarakat di Desa Sidomulyo melalui berbagai aktivitas sirkular ekonomi seperti budi daya jamur dari tangkos sawit, perikanan, tanaman pekarangan, produk olahan dan desa wisata.

Pertagas OKA dengan program Kampung Bersama mampu memperluas keberlanjutan program di wilayah masyarakat penyangga hutan di Desa Martadinata, Kutai Timur melalui aktivitas ekowisata dan pertanian berkelanjutan.

"Melalui program-program CSR, Pertagas berkomitmen untuk terus mendukung kemandirian desa yang berdampak langsung bagi perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi," kata Baron.

Ajang pemberian CSR dan PDB Award 2024 diselenggarakan oleh Indonesia Social Sustainabilty Forum (ISSF) bekerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pertanian, dan sejumlah kementerian lainnya.
Baca juga: PT Pertagas sebut pentingnya menjaga budaya keselamatan
Baca juga: Pertagas raih penghargaan keselamatan kerja WISCA-WPSCA

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024