Samarinda (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia siap memfasilitasi infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Perwakilan Tim Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo, Muhammad Ridwan Rauf dalam rapat zoom meeting di Samarinda, Rabu, menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan penyelenggara telekomunikasi (provider) untuk penguatan jaringan internet.

“Untuk kegiatan nasional yang dihadiri kepala negara, pasti akan kami back up infrastruktur jaringan telekomunikasinya. Kami hanya perlu informasi, berapa jumlah peserta dan dimana saja titik koordinat di setiap lokasi,” kata Ridwan Rauf.

Ia menegaskan dukungan jaringan internet tersebut dijadwalkan selama penyelenggaraan MTQ Nasional pada 6-16 September 2024.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika (TIK) Diskominfo Kaltim, Bambang Kukilo Argo Suryo menyampaikan, pihak Pemprov Kaltim melalui surat Gubernur Kalimantan Timur Nomor 400/3879/B.Kesra-II tertanggal 15 Februari 2024, mengajukan Permohonan Bantuan Penunjang MTQN ke-XXX kepada Kementerian Kominfo RI.

Permohonan tersebut, kemudian direspon oleh Direktorat Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.

“Penyelenggaraan MTQ Nasional tahun ini akan memanfaatkan digitalisasi. Sehingga kebutuhan infrastruktur telekomunikasi terutama dukungan infrastruktur internet sangat dibutuhkan,” ujar Bambang Kukilo.

Pranata, Komputer Ahli Muda ini menambahkan, penguatan jaringan internet dibutuhkan di beberapa venue MTQ Nasional yang menjadi skala prioritas. Seperti di GOR Kadrie Oening, Samarinda dan IKN sebagai lokasi pembukaan dan penutupan yang digelar secara hybrid.

“Jadi memang yang paling krusial di lokasi pembukaan MTQ di Samarinda dan IKN. Butuh back up infrastruktur TIK di dua area itu. Lokasi lain seperti sekretariat panitia, command center, dan pusat publikasi juga butuh dukungan internet,” imbuh Kiki, sapaan akrabnya.


***3***

Pewarta: Arumanto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024