Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan di DKI Jakarta Rabu (8/5) yang tersaji di kanal Metro masih menarik untuk disimak kembali, mulai dari Pemprov menertibkan juri parkir liar hingga penanganan tuberkulosis (TBC) dengan membentuk kampung siaga.

Berikut berita DKI kemarin yang menjadi pilihan untuk menemani Kamis pagi Anda pada awal hari libur panjang Kenaikan Yesus Kristus.

1. DKI tertibkan juru parkir liar di minimarket

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menertibkan juru parkir liar di minimarket Ibu Kota, menyusul keresahan masyarakat terhadap maraknya mereka selama ini.

"Sudah mulai operasi (pengamanan) dari kemarin (7/5). Hal ini pastinya agar tidak meresahkan masyarakat," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu.

Selengkapnya di sini

2. Pemkot Jaksel tata pedagang kaki lima di sekitar Lokbin Pasar Minggu

Pemerintah Kota Jakarta Selatan, berupaya kembali menata pedagang kaki lima yang berada di sekitar Lokasi Binaan (Lokbin) Pasar Minggu sebagai upaya mengurangi persaingan di antara mereka.

"Langkah-langkah penataan ulang lokbin bertujuan untuk mengurangi persaingan dengan pedagang kaki lima," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jaksel Parulian Tampubolon di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini

3. Heru sebut pasien TBC bukan ber-KTP DKI bisa berobat di Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut pasien Tuberkulosis (TBC) yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta tetap bisa berobat di fasilitas kesehatan yang tersedia di Jakarta.

"Jadi mulai dari ini yang kedapatan pasien TBC (meskipun bukan ber-KTP DKI Jakarta), maka itu kita obati di Jakarta, kita tangani dengan baik, kita rawat, jangan ditolak," kata Heru saat ditemui di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu

Beritanya di sini
 
Petugas menyidang warga yang akan membuang sampah di TPS di depan Lokbin Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (7/5/2024). ANTARA/Khaerul Izan

4. Dishub DKI siapkan sidang tipiring bagi juru parkir liar

Dinas Perhubungan DKI menyiapkan sidang tindak pidana ringan (tipiring) bagi juru parkir liar untuk menegakkan ketertiban di masyarakat.

"Kami koordinasikan untuk melakukan penegakan hukum yakni hasil diskusinya, tindak pidana ringan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini

5. DKI percepat penanggulangan TBC melalui pembentukan kampung siaga

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha mempercepat penanggulangan tuberkulosis (TBC) demi mewujudkan Jakarta bebas TBC pada 2030 dengan membentuk kampung siaga TBC di 267 RW Jakarta.

"Hal ini merupakan wujud dari strategi penanggulangan TBC yang kami dorong untuk berbasis kewilayahan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam acara "Kick-Off Tim Percepatan Penanggulangan TBC dan Pembentukan Kampung Siaga TBC di DKI Jakarta", di Jakarta, Rabu.

Klik di sini


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024