Kupang (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo telah menahbiskan Mgr Hironimus Pakaenoni menjadi Uskup Agung Metropolitan Kupang di Gereja Kristus Raja Katedral Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis.

"Bersediakah Engkau dengan bantuan Roh Kudus melaksanakan sampai mati tugas yang dipercayakan oleh para rasul kepada kami yang kini akan diserahkan kepadamu dengan penumpangan tangan?" tanya Mgr Piero Pioppo kepada uskup terpilih Mgr Hironimus Pakaenoni dalam misa penahbisan di Kupang, Kamis.

Pertanyaan itu pun dijawab oleh uskup terpilih Mgr Hironimus Pakaenoni dengan lantang. "Saya bersedia," jawab Mgr Hironimus Pakaenoni.

Tata upacara penahbisan dimulai dengan janji uskup terpilih dilanjutkan litani permohonan.

Baca juga: Gubernur NTT berharap Uskup Agung Kupang perkokoh semangat kerukunan

Usai menyanyikan litani, Mgr Piero Pioppo selaku uskup penahbis utama menumpangkan tangan ke atas kepala Uskup Agung Metropolitan Kupang Mgr Hironimus Pakaenoni, diikuti oleh Administrator Apostolik Keuskupan Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Uskup Atambua Mgr Dominikus Saku, dan semua uskup yang hadir.

Sekiranya misa penahbisan itu dihadiri oleh 39 uskup, Vikjen Keuskupan Jayapura dan Keuskupan Agung Dili, serta Administrator Diosesan Keuskupan Surabaya dan Keuskupan Agung Ende.

Usai penumpangan tangan, ada doa tahbisan yang dibawakan oleh Mgr Piero Pioppo.

Selanjutnya uskup penahbis utama itu mengurapi kepala uskup yang baru ditahbiskan dengan minyak krisma.

Setelah pengurapan kepala, dilanjutkan penyerahan evangeliarum, cincin, palium, mitra, dan tongkat. Kemudian uskup penahbis utama mengundang uskup baru untuk duduk di Katedra.

Baca juga: Polisi sterilisasi gereja jelang pentahbisan Uskup Agung Kupang

Mgr Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Metropolitan Kupang pun mendapatkan ciuman persaudaraan dari semua uskup yang hadir.

Sebelum penahbisan, RD Sipri Senda terlebih dahulu bertugas membacakan Surat Apostolik dari Paus Fransiskus yang mengesahkan Uskup Agung Kupang terpilih.

Adapun misa penahbisan ini juga dihadiri oleh ribuan umat Katolik di Keuskupan Agung Kupang baik secara langsung di halaman gereja maupun yang mengikuti secara daring.

Sebelumnya Paus Fransiskus telah memilih RD Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang menggantikan Mgr Petrus Turang pada Minggu (10/3).
 
Baca juga: Paus Fransiskus tetapkan Hironimus Pakaenoni jadi Uskup Agung Kupang

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024