"Memang layak jika Rutan Trenggalek dinobatkan sebagai rutan terbaik se-Indonesia,"
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan Zona Integritas Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham memberi skor dan apresiasi tinggi terhadap pengembangan zona integritas di Rutan Trenggalek

"Memang layak jika Rutan Trenggalek dinobatkan sebagai rutan terbaik se-Indonesia," ujar Auditor Madya Iqbal Albert Husin yang memimpin Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan Zona Integritas Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham di Rutan Klas IIB Trenggalek, Trenggalek, Jawa Timur, Jumat.

Ia secara khusus memuji komitmen yang ditunjukkan rutan yang dipimpin I Kadek Dedy Wirawan Arintama itu.

Menurut dia, banyak perubahan dan terobosan dalam hal pelayanan para warga binaan yang bisa menjadi contoh bagi lingkungan lembaga pemasyarakatan lain.

Terutama dalam hal layanan kesehatan melalui keberadaan Klinik Seger Waras.

"Kliniknya bersih dan fasilitasnya lengkap, layak jika saat ini telah mendapatkan akreditasi paripurna dari Kemenkes," pujinya.

Hasil evaluasi yang mereka lakukan pada desk evaluasi, lanjut Iqbal, memang memilih yang terbaik dalam performance. Dan salah satu yang terbaik adalah Rutan Trenggalek.

"Kami anggap Rutan Trenggalek akan mampu ketika nanti Tim Penilai Nasional dari KemenPAN-RB melakukan penilaian," harapnya.

Namun, Iqbal mengingatkan bahwa apa yang dilakukan pihaknya ini baru awal. Perjalanan untuk penilaian dari KemenPAN-RB masih panjang.

"Untuk itu, kami harap teman-teman di Rutan Trenggalek bisa selalu responsif dan terus melakukan hal-hal baik dalam memberikan pelayanan publik," katanya.

Pujian dan apresiasi itu tentu disambut baik oleh pihak Rutan Trenggalek.

Kepala Rutan Trenggalek, I Kadek Dedy Wirawan Arintama mengatakan bahwa

Optimaliasi pelayanan bagi warga binaan pada dasarnya sudah menjadi kewajiban mereka selaku pengelola Rutan.

Apabila kemudian banyak mendapat pujian, apresiasi ataupun sejenisnya, bagi Kadek itu adalah bonus yang patut mereka syukuri.

"Namun justru itu yang membuat kami yakin dan termotivasi untuk membuktikan bahwa kondisi yang ada tidak membuat kami putus asa dan akan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," katanya.

Untuk itu, dia berharap kunjungan TPI kali ini juga dapat memompa semangat jajarannya. Sehingga bisa semakin konsisten dalam memberikan pelayanan prima dan terbaik.

Dukungan serupa juga disampaikan Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

Menurutnya, Rutan Trenggalek termasuk salah satu yang didorong untuk mendapatkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

"Rutan Trenggalek menjadi salah satu rutan dengan banyak sekali inovasi, selain itu pelayanan juga sudah sangat baik," ujar Heni.

Berbagai inovasi telah diciptakan Rutan Trenggalek seperti layanan untuk tahanan lansia (Lansia Apik), Dapur Bersih Higienis dan Halal, Klinik Seger Waras Terakreditasi Paripurna dan Pelayanan Kunjungan Terintegrasi.

Dan puncaknya, Rutan Trenggalek ditetapkan sebagai rutan terbaik se-Indonesia pada puncak Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024