Badung, Bali (ANTARA) -
Kepolisian Republik Indonesia menggelar latihan praoperasi Puri Agung 2024 untuk memastikan kesiapan pengamanan ajang berskala internasional Forum Air Dunia atau World Water Forum ke-10 yang bakal digelar di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.
 
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Fadil Imran di Puspem Badung, Bali, Minggu mengatakan, pelaksanaan kegiatan latihan praoperasi tersebut dihadiri oleh beberapa Satuan Tugas atau Satgas mulai dari Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir (pengawalan, rute, patroli, dan parkir) Satgas Penegak Hukum (Gakkum), Satgas Humas, Satgas Anti teror serta Bantuan Operasi (Banops).
 
"Dalam manajemen operasi kepolisian, tahapan-tahapan ini harus kami lalui, perencanaan kemudian pengorganisasian dan hari ini mulai masuk tahap pelaksanaan," kata dia.

Baca juga: Empat KRI antarkan rantis sampai motor patwal untuk World Water Forum
 
Fadil Imran menjelaskan, latihan praoperasi tersebut bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan personel yang sudah ditetapkan di masing-masing objek memahami tugas dan tanggung jawabnya selama kegiatan World Water Forum ke-10 berlangsung mulai side event hingga agenda utama.
 
Karena itu, kegiatan tersebut memastikan seluruh personel memahami tentang tugas pokok untuk keamanan dan kelancaran pengamanan yang membawa nama besar bangsa Indonesia di kancah internasional.
 
"Saya juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara masing-masing satgas internal dan tentunya nanti kolaborasi dengan unsur-unsur pengamanan lain, dari TNI pemerintah daerah dan unsur pengamanan swakarsa di Bali yang kita kenal dengan pecalang," katanya.

Baca juga: Penumpang bus Situbondo diperiksa dukung pengamanan World Water Forum
 
Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyatakan,kegiatan itu merupakan latihan yang sangat penting karena salah satu cara bagi Polri untuk mengukur sejauh mana kesiapan personel maupun peralatan kepolisian yang tergelar bisa bekerja dengan maksimal nantinya.
 
Secara garis besar, kata dia, jumlah personel Polri yang dilibatkan dalam operasi Puri Agung 2024 sebanyak 5.791.000 personel gabungan antara personel Polda Bali dan satuan-satuan Polda lain dan satuan Mabes polri.
 
World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung di Nusa Dua pada 18-25 Mei 2024 dengan mengambil tema "Water for Shared Prosperity" itu memiliki acara utama yang dilaksanakan di Bali International Convention Center (BICC).

Baca juga: Operasi Sikat Agung Polda Bali wujudkan Kamtibmas World Water Forum
 
World Water Forum 2024 Bali akan menghadirkan 290 sesi atau acara paralel yang membahas berbagai tema krusial terkait air, yakni keamanan air dan kemakmuran; air untuk manusia dan alam; pengurangan dan pengelolaan risiko bencana; tata kelola, kerja sama, dan diplomasi air; pembiayaan air berkelanjutan, serta pengetahuan dan inovasi.
 
Diperkirakan akan ada sekitar 30.000 peserta dari 172 negara yang hadir dalam forum ini, termasuk sejumlah kepala negara yang diundang. Forum ini diharapkan dapat menghasilkan solusi dan komitmen baru untuk mencapai pengelolaan air yang berkelanjutan dan adil.

Baca juga: Baharkam Polri siapkan strategi pengamanan World Water Forum
Baca juga: TNI AD kerahkan 4.463 personel amankan World Water Forum di Bali

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024