Sampang (ANTARA News) - Banjir akibat meluapnya Sungai Kemuning yang melanda Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, hingga Rabu petang makin luas, bahkan genangan air sudah mencapai monumen kota.

"Ketinggian air di sebagian wilayah kini sudah mencapai 1 meter. Kalau tadi pagi kan masih antara 30 hingga 40 cm meter," kata warga setempat, Sally Nawali, Rabu malam.

Sejumlah lokasi yang menjadi genangan banjir antara lain di Jalan Syuhada, Jalan Melati, Jalan Mawar, dan Jalan Seruni.

Di empat lokasi ini, masing-masing ketinggian air mencapai 1 meter. Bahkan sejak sekitar pukul 17.30 WIB Rabu sore, genangan banjir mulai meluas ke Jalan Bahagia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang menjelaskan, kondisi genangan banjir akibat luapan Sungai Kali Kemuning itu diperkirakan akan semakin besar, mengingat hujan terus mengguyur kota itu.

"Saat ini kami terus melakukan pemantauan bersama Polres dan TNI Sampang," kata Kepala BPBD Pemkab Sampang Wisno Hartono.

Ratusan rumah warga di Kota Bahari Sampang ini terendam banjir. Banjir yang terjadi kali ini juga melumpuh arus lalu lintas di dalam kota, serta merendam dua lembaga pendidikan, yakni SDN Gunung Maddah 3 dan SMP Negeri 6 Sampang.

Banjir yang terjadi di Sampang ini merupakan kali kedua dalam sepekan terakhir ini. Sebelumnya banjir juga pernah terjadi di Kota Bahari ini.

Kota Sampang sendiri tercatat merupakan salah satu kota di Pulau Madura yang rawan banjir karena kota ini terletak di dataran rendah, bahkan posisi kota lebih rendah dari permukaan air laut.

Kondisi pasang-surut air laut sangat berpengaruh terhadap kondisi banjir.

Dalam kurun waktu mulai Januari hingga Juni 2013 ini saja, banjir telah melanda wilayah ini sekitar tujuh kali lebih dengan kejadian terparah pada April 2013.

Saat itu sebanyak enam desa dan delapan kelurahan di Kecamatan Kota Sampang terendam banjir, bahkan tiga orang warga tewas karena terseret arus banjir.

Sementara sejak musim hujan pada Desember 2013 ini, banjir telah melanda kota ini selama dua kali. Dengan demikian, selama kurun waktu Januari hingga 18 Desember 2013 ini, banjir melanda kota Sampang sebanyak 9 kali.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013