Kalau bisa Antara seharusnya memberikan porsi pemberitaan olahraga lebih besar, mengingat sebaran pemberitaan mereka juga tidak hanya membicarakan di tingkat pusat, tetapi juga di daerah,"
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Tim Nasional U-19, Indra Sjafri, mengatakan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara harus mendorong pembinaan olahraga di Indonesia, salah satunya dengan peningkatan porsi pemberitaan produk jurnalistik kategori tersebut.

"Kalau bisa Antara seharusnya memberikan porsi pemberitaan olahraga lebih besar, mengingat sebaran pemberitaan mereka juga tidak hanya membicarakan di tingkat pusat, tetapi juga di daerah," kata Indra selepas menerima Antara Achievement Award 2013 di Jakarta, Rabu.

Porsi pemberitaan yang lebih besar, lanjut Indra, juga dapat menjadi suntikan motivasi baru bagi para atlet yang berusaha menorehkan prestasi untuk Indonesia baik itu di tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional.

"Pelaku olahraga, baik itu atlet maupun pelatih, cenderung melihat pemberitaan tentang aktivitas mereka sebagai motivasi bagi kegiatan mereka dalam berupaya mengukir prestasi," katanya.

Di sisi lain, Indra meyakini pemberitaan Antara jauh lebih berimbang, mengingat peran mereka sebagai kantor berita nasional.

"Dengan pemberitaan yang lebih berimbang itu, pelaku olahraga lebih dapat memetik motivasi yang bisa mereka dapat dari membaca berita tentang mereka itu," ujarnya.

Selain itu, Indra juga sempat menyatakan bahwa Antara dapat memerankan fungsi pemandu bakat bagi dunia olahraga dengan segenap perangkat yang dimiliki, termasuk keberadaan biro di 33 provinsi di Indonesia.

"Antara dapat berperan besar terhadap kemajuan pembinaan dan pencarian bibit-bibit atlet berpotensi, dengan memerankan fungsi pemandu bakat," katanya.

Keberadaan biro di seluruh provinsi di Indonesia, menurut Indra, memberikan kesempatan kepada Antara memantau bakat-bakat atlet yang belum terpantau oleh pengurus olahraga di tingkat pusat.

"Banyak bakat-bakat muda yang belum terpantau, oleh pengurus olah raga tingkat pusat, salah satunya akibat keterbatasan akses mereka," kata Indra.

Indra Sjafri merupakan salah satu penerima Antara Achievement Award 2013 yang diberikan kepada tokoh-tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang berprestasi di bidang masing-masing dan dianggap dapat memperkokoh kekuatan kebangsaan.

Sepanjang 2013, Indra sukses membawa Evan Dimas dan kawan-kawan menjuarai Kejuaraan AFF U-19 dan melangkah ke putaran final Piala Asia U-19 setelah memuncaki Grup G di babak kualifikasi.

Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 setelah di partai puncak mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti dengan skor akhir 7-6.

Perjalanan Timnas U-19 di Grup G kualifikasi Piala Asia U-19 juga terbilang fenomenal mengingat untuk dapat merebut puncak klasemen mereka juga mengalahkan juara bertahan sekaligus pengoleksi 12 trofi Piala Asia U-19 Korea Selatan dengan skor 3-2.(*)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013