Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Timur Indra Jaya mengatakan bahwa satu calon haji  tertunda keberangkatannya hari ini karena faktor kesehatan atau sakit.

“Dari total JCH 385, kelompok terbang (kloter) 8 JKG, ada satu orang yang belum bisa diberangkatkan hari ini karena alasan kesehatan,” kata Indra Jaya, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa saat ini yang bersangkutan sedang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Muluk (RSUDAM) dan masih dalam observasi pihak dokter.

"Untuk JCH sisanya sudah diberangkatkan ke JKG untuk selanjutnya terbang ke Madinah pukul 18.30 WIB," kata dia.

Indra Jaya menjelaskan bahwa tahun ini JCH Kabupaten Lampung Timur terbagi dalam empat kloter yaitu kloter 08 JKG pada tanggal 13 Mei, kloter 30 JKG pada tanggal 24 Mei dan kloter 33 JKG pada tanggal 26 Mei 2024.

"Serta terakhir di kloter 54 JKG pada tanggal 04 Juni 2024," kata dia.

Baca juga: Seorang calon haji wafat di Madinah akan dibadalhajikan

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Anshori F Citra, menjelaskan bahwa JCH yang saat ini dalam perawatan dokter akan diberangkatkan dengan kloter lainnya apabila kondisinya sudah membaik dalam beberapa hari ke depan.

"Kalau ada kloter yang kosong yang bersangkutan akan kami gabungkan di sana, dengan catatan kondisinya sudah membaik berdasarkan pengamatan dokter yang menangani," kata dia.

Diketahui bahwa pada penyelenggaraan haji 2024/1445 Masehi total JCH Lampung yang akan diberangkatkan 7.207 orang melalui Embarkasi Jakarta Pondok Gede.

Baca juga: Pemerintah siapkan fasilitas badal haji bagi para jamaah calon haji

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024