Kami hingga kini sudah menerima calon haji sebanyak 17 kloter dan menyusul ada dua kloter lagi yang masuk yakni kloter 18 asal Banyumas pada pukul 12.00 WIB...
Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan calon jamaah haji asal Jawa Tengah (Jateng) yang sudah masuk di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali hingga Rabu sekitar pukul 11.00 WIB sebanyak 17 kloter.

Kasubbag Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi mengatakan jumlah calon haji (calhaj) asal Jateng yang sudah masuk di Asrama Haji Donohudan Boyolali, sebanyak 17 kloter dengan jumlah total yang sudah diterima oleh PPIH Embarkasi Solo sebanyak 6.124 calhaj.

Menurut Gentur, jumlah calhaj yang datang dan sudah diterima PPIH Embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan pada Rabu ini yakni kloter 16 asal Kabupaten Banjarnegara dan Purbalingga sebanyak 360 calhaj pada pukul 06.00 WIB dan kemudian disusul kloter 17 asal Purbalingga dan Banyumas sebanyak 360 calhaj yang tiba di asrama haji, pada pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Pj Gubernur sebut Jateng berangkatkan 30.377 calon haji

"Kami hingga kini sudah menerima calon haji sebanyak 17 kloter dan menyusul ada dua kloter lagi yang masuk yakni Kloter 18 asal Banyumas pada pukul 12.00 WIB, dan kemudian dilanjutkan Kloter 19 asal Banyumas, pada pukul 19.00 WIB," katanya.

Selain itu PPIH Embarkasi Solo juga memberangkatkan calon haji ke Tanah Suci sebanyak empat kloter. Untuk jadwal keberangkatan calon haji ke Tanah Suci, sebanyak empat kloter pada Rabu ini yakni Kloter 12 asal Wonosobo, Kloter 13 gabungan asal Wonosobo dan Banjarnegara, Kloter 14 asal Kota Magelang dan Banjarnegara, dan terakhir Kloter 15 asal Banjarnegara.

Untuk calhaj Kloter 12 sudah diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 06.24 WIB, kemudian disusul Kloter 14 pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan Kloter 13 pada pukul 10.30 WIB, sedangkan Kloter 15 akan diterbangkan ke Tanah Suci pada pukul 13.10 WIB.

Baca juga: Pengelola AHD Boyolali siap sambut jamaah calon haji Jateng dan DIY

"Calon jamaah haji Kloter 15 asal Banjarnegara sedang proses pemberangkatan ke Bandara Adi Soemarmo dan dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada pukul 13.10 WIB," katanya.

Sementara itu PPIH Embarkasi Solo telah mencatat ada delapan calhaj yang sakit setibanya di asrama haji Donohudan. Calhaj yang sakit itu dirawat di RSU Pandan Arang Boyolali satu orang, RSUD Moewardi Solo ada tiga orang, RS TNI AU ada dua orang, dan poliklinik ada dua orang.

Para calon jamaah haji yang sakit dan dirawat di rumah sakit tersebut akan diberangkatkan pada kloter selanjutnya jika kondisi mereka sudah sehat dan siap diberangkatkan ke Tanah Suci.

Baca juga: Kemenag ingatkan petugas haji agar responsif & solutif layani jamaah
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024