Malang (ANTARA News) - Arema Cronous Indonesia memastikan lolos ke babak semi final piala Gubernur Jatim 2013 setelah menundukkan Persik Kediri 3-0 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat sore.

Tiga gol Arema yang menjebol gawang Persik Kediri yang dikawal Teddy Heri itu masing-masing dilesakkan oleh Christian Gonzales pada menit ke-6, Irsyad Maulana pada menit ke-48 dan Syamsul Arif pada menit ke-85.

Sejak "kick off" babak pertama Arema langsung membangun serangan dan mengurung area pertahanan Persik Kediri yang akhirnya mampu menciptakan gol cepat pada menit ke-6 dari kaki Christian Gonzales yang mendapatkan umpan matang dari Ahmad Al Farizie.

Serangan demi serangan terus dibangun para pemain Arema, namun area pertahanan Persik Kediri yang diperkokoh membuat serangan anak asuh pelatih Suharno itu selalu kandas di kaki para pemain belakang tim berjuluk Macan Putih tersebut.

Sebenarnya peluang emas Arema untuk menggandakan pundi-pundi golnya cukup banyak dan sangat terbuka, namun penyelesaian akhir dan kokohnya lini pertahanan Persik Kediri membuat peluang tersebut tidak bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

Bahkan, hingga wasit Bahrul Alam meniup peluit panjangnya tanda 45 menit babak pertama berakhir skor masih tetap 1-0.

Memasuki 45 menit babak kedua, para pemain Arema tidak menurunkan tensi serangannya, bahkan beberapa kali serangan yang dibangun dari sayap itu nyaris membobol gawang Teddy Heri kembali.

Dan, baru pada menit ke-48 Irsyad Maulana mampu menggandakan keunggulan Arema menjadi 2-0 setelah Irsyad mendapatkan umpan matang dari Gustavo Lopez.

Pada pertengahan babak kedua, Arema mulai menurunkan tensi serangannya, bahkan bermain terbuka. Perubahan strategi tersebut membuat para pemain Persik mulai berani melakukan penitrasi serangan dan sejumlah peluang pun tercipta.

Hanya saja, tangguhnya lin i belakang Arema yang digawangi Victor Igbonevo, Purwaka Yudhi, Munhar dan Hendro Siswanto itu mampu mengandaskan peluang-peluang Persik, sehingga gawang Arema yang dikawal I Made Wardhana masih tetap terjaga dan tidak sampai kebobolan.

Lima menit menjelang berakhirnya pertandingan usai (menit 85), Arema menggandakan keunggulannya melalui sundulan kepala Syamsul Arif yang tidak mampu diantisipasi oleh kiper Persik Teddy Heri.

Dengan kemenangan 3-0 tersebut, Arema berhak mendampingi Persebaya Surabaya yang lolos terlebih dahulu setelah mengandaskan Persib Bandung 1-0 di Stadion Bangkalan (19/12).

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013