Ada beberapa fokus kegiatan memasuki hari kelima. Pertama, terkait sumber bencana yakni Gunung Singgalang dan Gunung Marapi yang dipantau terus
Padang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperketat pemantauan aktivitas Gunung Marapi dan Gunung Singgalang untuk mengantisipasi terjadinya bencana susulan pasca-banjir bandang lahar dingin di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Ada beberapa fokus kegiatan memasuki hari kelima. Pertama, terkait sumber bencana yakni Gunung Singgalang dan Gunung Marapi yang dipantau terus," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Padang, Kamis.

Letjen TNI Suharyanto mengatakan tim penanganan bencana, termasuk Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akan terus memantau apabila ada potensi bencana susulan akibat intensitas hujan.

"Ini yang kita waspadai betul dan jangan sampai bencana kembali terjadi," kata Kepala BNPB itu.

Baca juga: Presiden terus pantau penanganan bencana banjir di Ranah Minang

Berdasarkan rapat gabungan pada Rabu (15/5) malam pemerintah bersama instansi terkait telah menetapkan untuk mengungsikan warga yang masih berada di sekitar jalur-jalur banjir bandang.

Pada kesempatan itu Suharyanto menyampaikan material banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi secara bertahap telah mulai dibersihkan, terutama pada 13 titik, dengan menggunakan alat berat.

Baca juga: BNPB: Total 67 orang meninggal dunia dalam bencana banjir lahar Marapi

Kemudian terkait jumlah korban meninggal dunia akibat bencana yang terjadi di Ranah Minang, BNPB melaporkan hingga Kamis siang tercatat 67 orang. Sementara, untuk korban yang belum ditemukan, tim pencarian memastikan akan terus berupaya semaksimal mungkin.

"Hingga saat ini masih ada 20 orang lagi yang terus kita cari," ujar Suharyanto.

Terpisah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta penyintas banjir yang saat ini masih diungsikan di sekitar jalur lahar dingin agar segera dipindahkan ke tempat yang jauh lebih aman.

"Pengungsian yang masih berada di jalur lahar dingin harus segera dipindahkan ke tempat yang jauh lebih aman," ucap Mensos Risma.

Baca juga: Tinjau korban lahar dingin, Mensos: Relokasi warga di zona likuefaksi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024