"Pada Pilkada Surabaya 2024 bersamaan dengan Pilkada Jawa Timur, jadi tugasnya ada tambahan dibanding tugas PPK di tahun 2020,"
Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya melantik sebanyak 155 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di kantor lembaga terkait pada Kamis.

Acara pelantikan 155 PPK dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama forkopimda dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat.

Kepala KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan PPK yang dilantik ini adalah masyarakat yang sebelumnya mengikuti serangkaian mekanisme pendaftaran dan seleksi mulai 23 April hingga 13 Mei 2024.

Sedangkan, pengumuman hasil tes serta penetapan pada 14-15 Mei 2024.

Ratusan PPK yang telah dilantik per hari ini berasal dari 31 kecamatan dan nantinya setiap wilayah diisi oleh lima PPK saat proses pemungutan suara berjalan serentak, pada 27 November 2024.

Syamsi menjelaskan untuk mendetailkan tugas, wewenang, dan wewenang maka para PPK yang telah dilantik dalam waktu dekat langsung mengikuti tahapan bimbingan teknik (bimtek).

"Pada Pilkada Surabaya 2024 bersamaan dengan Pilkada Jawa Timur, jadi tugasnya ada tambahan dibanding tugas PPK di tahun 2020," ujarnya.

Selain itu, KPU Surabaya juga mulai mempersiapkan pemutakhiran data, mengingat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU RI.

"Tahapan terdekat penetapan PPS tanggal 26 Mei. Kemudian PPK dan PPS koordinasi membentuk petugas untuk memutakhiran data pemilih," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan 155 PPK bisa bekerja dengan mendepankan integritas dan bersikap netral di seluruh tahapan Pilkada 2024.

"Supaya masyarakat bisa terus percaya terhadap KPU dan hasilnya nanti memunculkan pemimpin yang baik," ucap Eri.

Eri juga meminta kepada para PPK secepatnya menyosialisasikan tahapan Pilkada Surabaya kepada masyarakat secara masif.

"Saya berharap pelaksanaan Pilkada serentak 2024 bisa berjalan nyaman, aman, dan penuh persaudaraan," kata Wali Kota Surabaya.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024