Rapat koordinasi ini tentunya menjadi bagian penting untuk menyusun strategi bagaimana membangun potensi itu guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua Barat Daya
Sorong (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (PBD) menyusun strategi melalui rapat koordinasi perekonomian untuk pengelolaan potensi sumber daya alam (SDA) sebagai upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi di wilayah itu.

Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Papua Barat Daya, Eksa Musa'ad di Sorong, Jumat, menjelaskan rapat koordinasi perekonomian ini merupakan forum yang penting dan strategis untuk bersama menyatukan pandangan, kemudian juga menentukan langkah-langkah yang lebih terkoordinasi, bersinergi dalam rangka mendorong perekonomian Papua Barat Daya menjadi maju.

Menurut dia, PBD memiliki potensi SDA yang sangat melimpah, baik komperatif maupun kompetitif di berbagai sektor ekonomi yang berkaitan dengan potensi kelautan perikanan dan pariwisata, pertambangan dan potensi lainnya yang tentunya perlu didorong untuk kemudian ditingkatkan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

"Rapat koordinasi ini tentunya menjadi bagian penting untuk menyusun strategi bagaimana membangun potensi itu guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua Barat Daya," jelas dia saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi perekonomian di Hotel Panorama Kota Sorong.

Dia mengakui bahwa ketika provinsi ini belum terbentuk dan masih satu dengan Provinsi Papua Barat, pertumbuhan ekonomi masih cukup tinggi. Namun setelah pisah dari Papua Barat menjadi daerah otonomi baru pertumbuhan ekonomi di wilayah ini mengalami penurunan kurang lebih 1,82 persen.

Mencermati pertumbuhan ekonomi di PBD kurang lebih 1,82 persen dengan sektor pendukung bersumber dari sisi pengolahan dan perdagangan, maka tentunya pemanfaatan SDA sebagai modal utama penentu lajunya pertumbuhan ekonomi di provinsi ke-38 ini.

"Saya kira dengan mencermati pertumbuhan ekonomi kota 1,82 persen, saya berharap potensi SDA yang ada ini terus dimanfaatkan sebaik mungkin supaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Papua Barat Daya," kata dia.

Salah satu strategi yang menjadi hal penting untuk mendukung percepatan optimalisasi pengelolaan SDA adalah sinergi dan kolaborasi baik pemerintah provinsi hingga kabupaten kota maupun sektor swasta di provinsi ini.

"Maka pada forum strategis ini saya minta kepada seluruh mitra, mari kita bersama membangun pertumbuhan ekonomi dengan mengoptimalkan potensi SDA," kata dia.

Baca juga: HPI PBD dukung upaya pemerintah hadirkan penerbangan Sorong-China
Baca juga: Pemprov PBD Dukung investor China bangun smelter di KEK Sorong

Baca juga: Pemprov PBD menyiapkan atraksi budaya jawab kebutuhan wisatawan

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024