Yang perlu kami antisipasi, tanggal 23 Mei adalah hari libur Waisak dan kemudian cuti bersama. Lanjut libur sampai Minggu. kami akan siagakan personel yang cukup di Pelabuhan Ketapang
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengantisipasi ada gangguan keamanan yang mungkin terjadi dengan adanya peningkatan aktivitas masyarakat saat libur panjang (long weekend) bertepatan dengan peringatan Hari Raya Waisak, yang berlangsung bersamaan dengan agenda World Water Forum Ke-10 di Bali, 18-25 Mei 2024.

Antisipasi terutama dilakukan di wilayah perbatasan Bali, yakni Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur, dengan menambah jumlah personel pengamanan.

"Yang perlu kami antisipasi, tanggal 23 Mei adalah hari libur Waisak dan kemudian cuti bersama. Lanjut libur sampai Minggu. kami akan siagakan personel yang cukup di Pelabuhan Ketapang," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto dalam keterangan tertulis DivHumas Polri diterima di Jakarta, Senin.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan, Polda Jawa Timur terlibat dalam Operasi Puri Agung 2024, operasi kepolisian pengamanan World Water Forum Ke-10, bertanggung jawab mengamankan wilayah perbatasan dengan Pulau Dewata.

Saat ini, kata dia, Polda Jatim menerjunkan 3 satuan setingkat kompi (SSK) di Pelabuhan Ketapang dan sekitarnya. Dengan adanya libur cuti bersama, akan ditambah sebanyak 3 SSK untuk melapisi satuan yang telah bertugas sebelumnya.

"Jadi 3 SSK ditambah 3 SSK lagi dalam rangka penyelenggaraan kegiatan rutin yang ditingkatkan karena saat libur panjang nanti World Water Forum Ke-10 di Bali juga masih berlangsung," tutur Imam.

Menurut dia, dengan personel 6 SSK ditambah back-up (bantuan) dari petugas di pelabuhan termasuk TNI, diharapkan dapat mengantisipasi peningkatan pergerakan masyarakat, mencegah terjadi hal-hal yang signifikan.

Baca juga: Menko Marves bersama Panglima TNI-Kapolri pimpin TFG pengamanan WWF

Baca juga: Pengamanan pembukaan World Water Forum dipantau langsung Kapolri

Baca juga: Satgasud kerahkan alutsista untuk pengamanan dan memodifikasi cuaca saat World Water Forum di Bali 


Selain personel, Polri juga menambah jumlah kamera pengawasan CCTV di wilayah Pelabuhan Ketapang, yang disebar baik di area masuk maupun area dalam.

"Ada 58 CCTV yang terpasang di Pelabuhan Ketapang. Tambahan CCTV ini bisa memantau perkembangan," ujar Imam.

Hingga hari pembukaan World Water Forum Ke-10, kata dia, situasi keamanan dan ketertiban di Pelabuhan Ketapang terpantau landai dalam lima hari pelaksanaan Operasi Puri Agung 2024.

"Alhamdulillah, selama lima hari ini semua terpantau landai. Peningkatan arus pergerakan baik mobil, motor, maupun orang menuju Bali tidak ada peningkatan signifikan, masih normal di bawah 10 ribu penumpang per hari," katanya.

Imam berharap situasi kondusif ini terus terjaga sampai agenda Wolrd Water Forum Ke-10 berakhir pada Sabtu (25/5) mendatang.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024