Padang (ANTARA News) - Asosiasi PSSI Sumatera Barat lewat ketua umum terplihnya Toto Sudibyo mengumumkan secara resmi wakil ketua umum serta lima anggota Exco (Eksekutif Committe) 2013-2017.

"Untuk wakil ketua umum, kami menunjuk Indra Datuk Rajo Lelo, sementara lima anggota Exco lainnya yakni, Yusman Kasim, Asril, Syafrizal Ucok, Daconi dan Asril Etek," kata Ketua Umum Asosiasi PSSI Sumbar Toto Sudibyo di Padang , Sabtu.

Ia menjelaskan, pemilihan wakil ketua umum dan anggota Exco tersebut berdasarkan azas profesionalisme dan latar belakang masing-masing anggota Exco.

Selain itu, keseluruhan anggota memiliki kapasitas dan kualitas di dunia si kulit bundar, dari sisi profesi, bisa dikatakan lengkap, mulai dari kalangan akademisi, birokrat, legislatif hingga pentolan perusahaan BUMN terbesar di Sumbar.

Pemilihan tersebut katanya juga berdasarkan kebutuhan organisasi PSSI Sumbar yang ke depan mempunyai tugas yang sangat banyak, salah satunya menggelar piala nusantar sebagai ganti liga amatir divisi satu, dua dan tiga.

"Menggelar liga nusantara bukanlah pekerjaan mudah, perlu profesionalitas untuk menghasilkan kompetisi yang baik," katanya.

Selain liga nusantara, pembinaan pemain usia dini, pembinaan wasit dan pelatih juga menjadi hal yang sangat penting untuk kembali digiatkan.

Ia menambahkan, lima anggota Exco tersebut katanya tentu bekerja dengan statuta PSSI dimana pada poinnya terbagi dalam beberapa komite.

"Komite itulah nanti yang akan membidangi masing-masing kegiatan dengan anggota Exco yang sesuai dengan kemampuannya," katanya.

Dia mengatakan, untuk pengurus bidang yang jumlahnya 16 bagian, dipilihh dengan didasari statuta, intinya apakah terlepas dari kepengurusan gemuk atau ramping, namun tetap akan mengedepankan pengurus yang memiliki dedikasi, wawasan, networking, dan berpengalaman sehingga agenda dan visi serta misi berjalan sesuai rencana.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013