... mereka meledakkan bom itu dari jarak jauh dan membunuh Hadi, namun peledak itu ditemukan dan dijinakkan pasukan keamanan... "
Sanaa, Yaman (ANTARA News) - Satu pengadilan Yaman, Minggu, memenjarakan sembilan anggota Al Qaeda antara dua dan sepuluh tahun karena berencana membunuh Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, kata Kantor Berita Saba.

Jaksa mengatakan, kelompok orang itu, yang juga dinyatakan bersalah berencana membunuh sejumlah perwira militer dan menculik warga asing. Mereka memasang bom tahun ini di jalan yang digunakan Hadi dalam perjalanan ke istana presiden.

Niat mereka meledakkan bom itu dari jarak jauh dan membunuh Hadi, namun peledak itu ditemukan dan dijinakkan pasukan keamanan.

Rencana pemboman itu salah satu usaha serangan terhadap Hadi, yang berkuasa pada Februari 2012 setelah pendahulunya, Ali Abdullah Saleh, mengundurkan diri sebagai bagian dari alih kekuasaan yang didukung Amerika Serikat.

Amerika Serikat meningkatkan serangan pesawat tak berawak di Yaman sebagai bagian dari upaya menumpas Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), yang dianggap Washington cabang paling mematikan Al Qaeda.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013