Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) selaku PIC wilayah Dusun Butuh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memberikan bantuan pelatihan berupa pemanenan sayur, sertifikasi drone, dan pelatihan kepada nasabah Mekaar melalui Program Relawan Bakti BUMN (RBB).

Program RBB ini merupakan program kolaborasi BUMN yang berfokus pada pencapaian tujuan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dari seluruh BUMN di Indonesia. Program ini juga memberikan kesempatan bagi seluruh pegawai Kementerian BUMN dan BUMN Group untuk ikut serta dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Didampingi oleh para relawan, nasabah Mekaar juga diberikan pelatihan terkait dengan pengolahan sampah & pembelajaran terkait penggunaan alat pencacah sampah, serta tata kelola keuangan sederhana (BRILINK).

Pelatihan pemanenan sayur oleh para relawan akan diberikan kepada para petani di Nepal Van Java. Hal ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk kegiatan aktif untuk menggali potensi sumber daya alam, khususnya di Dusun Butuh.

Tidak hanya pada pilar lingkungan pertanian, PNM juga memberikan pelatihan dan sertifikasi penggunaan drone untuk 10 anggota karang taruna yang berprofesi sebagai ojek wisata di Nepal Van Java. Kemudian, 10 orang tersebut akan mendampingi relawan bakti untuk bikin konten menarik yang akan dilombakan.

Nasabah PNM Mekaar yang ada disini juga mendapatkan edukasi pentingnya pemahaman mengenai produk keuangan dan cara mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan bergabung menjadi agen BRILink Mekaar.

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen bersama seluruh BUMN. Harapannya adalah Bakti BUMN ini semoga dapat menjadi manfaat bagi seluruh masyarakat yang menerima, dari anak-anak hingga orang tuanya.

Desa Nepal Van Java memiliki keunikan dan potensi yang begitu besar, jadi PNM harap bisa meningkatkan potensi itu melalui pelatihan dan bantuan yang sesuai, agar seluruh potensi dapat ditangkap dan semakin dikembangkan.

Salah satu peserta Bakti BUMN bernama Niken ternyata pernah tinggal dan sekolah di sekitar Desa Nepal Van Java puluhan tahun yang lalu.

“Saya memilih Magelang bukan tanpa alasan, sebagian diri saya masih disini. Saya sangat senang sekali bisa memberikan pengalaman kami untuk anak-anak di Desa Nepal Van Java ini. Waktu aku bertemu dengan masyarakat disini aku bisa melihat dari mata mereka ada harapan, harapan untuk mimpi mereka bisa tumbuh dan lanjut menjadi cita-cita mereka. Aku harap kegiatan ini bisa membuka mata anak anak disini dan mereka semua bahwa masih ada asa untuk terus maju membangun desa ini bersama-sama,” ujar Niken.

PNM Merupakan lembaga pembiayaan dan pendamping perempuan prasejahtera di Indonesia melalui sektor usaha ultra mikro. PNM tidak hanya memberikan modal usaha, tetapi berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk juga dilakukan. Hingga kini sudah ada 15,2 Juta nasabah PNM di seluruh Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024