Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) menargetkan meraih peringkat 500 universitas berkelas dunia, sehingga berbagai upaya dilakukan, di antaranya memperluas jaringan dengan universitas dari berbagai negara dan menyiapkan berbagai program internasionalisasi.

Rektor USU Prof Muryanto Amin di Medan, Rabu, mengatakan berbagai program yang sedang dan akan dilakukan USU adalah Program Enhanching Quality Education for International University Recognition (EQUITY) adalah ikhtiar untuk mencapai peringkat 500 berkelas dunia.

Baca juga: Rektor: USU menuju universitas kelas dunia demi standar internasional

Proses perbaikan penilaian dari berbagai lembaga di tingkat nasional dan internasional tersebut, menjadi penguat bahwa adaptasi tridarma di USU sedang berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan, bahkan beberapa indikator mengalami proses kemajuan lebih cepat dari rencana semula

Universitas Sumatera Utara pada paruh ketiga Renstra tahun 2026-2030 akan menetapkan posisi sebagai Innovative dan Entrepreuneurial University.

USU Future Design, dirancang dengan strategi Transformation, Sustainable, Impacful.

"Produk tridarma Universitas Sumatera Utara, termasuk alumni akan ditransformasikan melalui inovasi, kolaborasi interdisipliner, dan berpikiran terbuka yang dilakukan secara terus menerus dan berdampak untuk kesejahteraan Indonesia," katanya.

Ia mengatakan tugas pendidikan akan dilakukan dengan peningkatan kualitas learning process seperti kurikulum, metode belajar, integrasi tridarma yang mencakup pendidikan, penelitian publikasi dan pengabdian masyarakat, serta perbaikan sarana dan prasarana pembelajaran.

Semua itu dilakukan agar mahasiswa dan lulusan USU memiliki future skill yang sangat dibutuhkan industri, dengan kemampuan responsif dan adaptasi yang dapat diandalkan.

Baca juga: USU kampus riset terbaik 4 di Indonesia versi Scimago 2024

Baca juga: Rektor USU ingatkan dosen untuk tingkat kualitas, lakukan penelitian


USU yang saat ini memiliki mahasiswa sebanyak 48.188 orang dan telah menghasilkan alumni sebanyak 256.576 orang ini harus tetap mampu berperan dalam mengelola disrupsi global yang responsif dan kemampuan adaptasi yang andal.

"Kami memerlukan bantuan dari seluruh masyarakat, yang akan mempercepat transformasi Universitas Sumatera Utara menjadi perguruan tinggi yang disegani di dunia internasional. Mari kita doakan agar lulusan USU mampu menjadi pembelajar transformatif, responsif, dan adaptif tanpa henti. Sekali lagi, kami sangat yakin, lulusan USU akan mampu memenuhi future skill yang dibutuhkan dunia industri," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024