Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membuka gerai pelayanan publik di pusat perbelanjaan Aeon Mall Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat sebagai upaya mendekatkan layanan umum kepada masyarakat.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pembukaan Gerai Pelayanan Publik Aeon Mall Deltamas untuk mempermudah sekaligus meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dari Pemkab Bekasi bersama instansi-instansi vertikal lain.

"Sekarang masyarakat Kabupaten Bekasi bisa mengurus pelayanan publik sambil belanja dan jalan-jalan bersama keluarga dengan suasana yang lebih santai, enjoy, sambil mengurus kebutuhan administrasi mereka," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Pemkab Garut operasikan Mal Pelayanan Publik 

Ia memastikan pelayanan publik di pusat perbelanjaan terbesar se-Asia Tenggara itu sudah sesuai standar operasional prosedur bahkan dinilai mampu memangkas waktu permohonan tentu apabila persyaratan sudah lengkap.

"Pelayanan di sini dan di Kantor Pemda juga sama sesuai SOP, bahkan kalau dokumen sudah lengkap semua, bisa selesai hanya dalam hitungan menit," katanya.

Gerai Pelayanan Publik di Aeon Mall Deltamas dibuka setiap Senin sampai Jumat pukul 10.00-17.00 WIB dengan memberikan sejumlah layanan.

"Kalau memang animo masyarakat tinggi, ke depan kita akan buka sampai malam, bahkan Sabtu-Minggu juga akan kita buka untuk pelayanan publik ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Boyolali buka Mal Pelayanan Publik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Suhup mengatakan ada lima instansi pelayanan publik yang tersedia di gerai Mall Aeon Deltamas, yaitu DPMPTSP, Disdukcapil, SIM Polres Metro Bekasi, Samsat, dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi.

"Sekarang baru lima pelayanan yang dibuka namun kemungkinan kalau tempatnya tersedia kita juga akan buka untuk yang lain demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita juga buka di Lotte Cikarang Utara, kemungkinan juga kita akan buka di mal-mal lain yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya.

Suhup menyatakan semua sarana dan prasarana gerai pelayanan publik di lokasi tersebut didukung sepenuhnya oleh manajemen Aeon Mall Deltamas.

Baca juga: Kabupaten Bogor akan buka mal pelayanan publik di AEON Sentul

"Untuk sarana dan prasarana semua didukung Aeon Mall dan itu free atau gratis, kecuali meja-kursi dan komputer. Nanti bila tempat dan SDM memungkinkan, kita akan buka lagi pelayanan publik lain," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024