Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup secara resmi melakukan pelepasan sebanyak 501 calon haji asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Muhammad Yusup di Kendari, Rabu, mengatakan jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatan dan kebersamaan selama berada di Tanah Suci dalam rangka menunaikan ibadah haji.

"Jamaah calon haji dari Kota Kendari diharapkan dapat menunaikan ibadah dengan khusyuk dan kembali ke tanah air dengan membawa keberkahan bagi diri mereka sendiri dan masyarakat sekitarnya," katanya.

Baca juga: 432 jamaah calon haji asal Kota Bogor diberangkatkan

Dia mengatakan bahwa dalam mendukung perjalanan jamaah calon haji, pihaknya senantiasa mendoakan mereka agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin.

"Selain itu, kami juga mendoakan jamaah calon haji agar selalu diberikan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya menyampaikan bahwa sebelum pemberangkatan itu dilakukan, pihaknya telah melaksanakan pembekalan atau manasik haji kepada seluruh calon haji yang dibimbing oleh 34 pemateri.

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat berangkatkan 331 orang calon haji

Jamaah calon haji itu akan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar menuju Jeddah, Arab Saudi, pada 31 Mei 2024.

Sebelumnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan jamaah calon haji asal Bumi Anoa akan mulai diberangkatkan dari Kota Kendari menuju Embarkasi Makassar pada 30 Mei 2024.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra Muhammad Saleh mengatakan pemberangkatan jamaah calon haji itu akan melalui Embarkasi Makassar menuju Jeddah, Arab Saudi.

"Dari Kendari ke Makassar tanggal 30 Mei 2024, dan dari Embarkasi Makassar ke Jeddah itu tanggal 31 Mei 2024," kata Muhammad Saleh.

Baca juga: Sebanyak 863 jamaah calon haji Situbondo siap diberangkatkan

Dia menyebutkan untuk pemberangkatan jamaah calon haji asal Provinsi Sultra itu akan dibagi ke dalam lima kelompok terbang (kloter), yakni Kloter 28, 29, 31, 33, dan 35.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024