Malioboro dibuka penuh, hanya saja untuk akses masuk hanya satu pintu melalui arah utara, sedangkan untuk gang-gang atau akses jalan dari kiri kanan yang menuju Malioboro akan ditutup,"
Sleman (ANTARA News) - Pada Malam Tahun Baru 2014, akses jalan menuju Malioboro tetap akan dibuka penuh bagi kendaraan bermotor namun hanya dari arah utara..

"Malioboro dibuka penuh, hanya saja untuk akses masuk hanya satu pintu melalui arah utara, sedangkan untuk gang-gang atau akses jalan dari kiri kanan yang menuju Malioboro akan ditutup," kata Direktur Lalu lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Pol Nasri Wiharto, Senin.

Menurut dia, untuk mengantisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan bermotor, maka mulai 17.00 WIB trotoar di sepanjang jalan Malioboro akan dibebaskan dari aktivitas parkir.

"Berdasarkan keputusan dari Kapolda DIY tidak ada penutupan jalan di Yogyakarta. Jalan menuju Malioboro juga tetap dibuka hanya akan kita tata dan atur agar tidak menjadi ruwet," katanya.

Ia mengatakan, khusus di kawasan Malioboro mulai 17.00 WIB trotoar sebelah timur yang pada hari biasa digunakan untuk area parkir kendaraan bermotor akan disterilkan.

"Nanti akan ditempatkan petugas dari Polresta Yogyakarta dan UPT Parkir Malioboro untuk menyeterilkan aktivitas parkir kendaraan di trotoar sebelah Timur. Sehingga trotoar dapat menampung pengunjung yang ada di Malioboro," katanya.

Nasri mengatakan, pengunjung di kawasan Malioboro juga tidak diperkenankan menyeberang jalan sembarangan di sepanjang jalan Malioboro. Pasalnya selama ini salah satu penyebab kemacetan di Malioboro adalah aktivitas pengunjung yang menyebrang jalan tidak di tempatnya.

"Akan disediakan tempat khusus untuk menyeberang agar akses jalan Malioboro lancar dan tidak tersendat karena pengunjung menyeberang sembarangan," katanya.

Ia mengatakan, untuk sarana transportasi umum seperti bus dan taxi tetap diperbolehkan masuk dan menurunkan penumpang di area Malioboro, namun dilarang mangkal.

"Masyarakat asli Yogya saja ingin ke Malioboro apalagi wisatawan dari luar. Karenanya akses jalan menuju Malioboro tidak ditutup," katanya.(*)

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013