Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau jamaah calon haji (JCH) dari wilayah itu senantiasa menjaga kekompakan selama menunaikan ibadah haji pada 2024.

"Para calon jamaah haji ini selama di Makkah untuk menjaga integritas daerah dengan tidak melakukan hal-hal yang kiranya telah dilarang sesuai ketentuan dan menjaga kekompakan agar tidak terlepas dari rombongan atau kloter," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat saat melepas rombongan calon haji berasal dari daerah itu di Sigi, Rabu.
 
Dia mengemukakan setiap calon haji memperhatikan semua ketentuan dalam pelaksanaan ibadah selama berada di Makkah.
 
"Untuk mendapatkan gelar haji yang mabrur maka semua jamaah haji harus menghindari larangan dan menjalani perintah Allah SWT," ucapnya.
 
Ia mengatakan setiap calon haji wajib mengikuti ketentuan dan arahan ketua rombongan dan regu sehingga tetap tertib selama menjalankan ibadah haji.
 
"Kepada calon jamaah haji agar mengikuti aturan yang telah ditetapkan agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan, baik saat berada di Indonesia maupun di Makkah," ujar dia.

Baca juga: Seorang calhaj Embarkasi Solo dirawat di RSUD Amri Tambunan
 
Dia mengingatkan seluruh calon haji senantiasa tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah tersebut.
 
"Bapak ibu calon jamaah haji Kabupaten Sigi untuk dapat menjaga kesehatan sebelum keberangkatan maupun pada saat pelaksanaan dan kembali ke tanah air nantinya, sehingga dapat mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci dengan khusyuk," katanya.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sigi Lutfi Yunus menyebutkan jumlah calon haji pada 2024 dari daerah setempat 109 orang, terbagi dalam kelompok terbang 12 dan 13.

Kloter 12 berjumlah 23 orang berangkat ke Tanah Suci pada 28 Mei 2024, sedangkan kloter 13 berjumlah 86 orang berangkat pada 30 Mei 2024.

Dia juga berpesan kepada petugas haji Kabupaten Sigi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon haji selama di Makkah.
 
"Untuk petugas haji jangan pernah lelah melayani jamaah dan jangan bosan menolong jamaah yang membutuhkan bantuan, ingat ketua rombongan dan regu ini punya tugas besar, yaitu mengurus banyak orang," kata dia.

Baca juga: Pj Wali Kota Kendari lepas 501 calon haji
Baca juga: Kemenhub memastikan kelancaran angkutan haji di Bandara Kertajati
Baca juga: Kemenkes beri tips hadapi cuaca panas bagi jamaah haji

Pewarta: Moh Salam
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024