"Kami mempunyai sejumlah inovasi yang diterapkan untuk menunjang Smart City dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan keamanan kota,"
Makassar (ANTARA) -
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian, dan Statistik (Kadiskominfosantik) Kota Palu Ridwan Karim akan mereplikasi program CCTV Lorong Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar.
 
Kadiskominfosantik Kota Palu Ridwan Karim melalui keterangannya di Makassar, Rabu mengapresiasi CCTV Lorong yang diakui menjadi salah satu program yang menarik perhatiannya untuk melakukan kunjungan ke Makassar.
 
"Penerapan CCTV lorong di Makassar sudah terkenal di berbagai daerah. Saya berkunjung ke sini untuk mengintip inovasi ini dan inovasi lain yang dilakukan Pemkot Makassar," ujarnya.
 
Ia pun tertarik dengan penerapan tanda tangan elektronik dan aplikasi Srikandi di Makassar. Menurutnya, teknologi ini sangat relevan dan dapat meningkatkan efisiensi administrasi.
 
Selain itu, ia juga ingin mencontohi Diskominfo Makassar yang bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam merumuskan perencanaan, kebijakan, dan evaluasi program pembangunan.
 
"Pemerintah Kota Palu belum menjalin kerjasama serupa dan berharap dapat mengadopsi model kerjasama ini untuk meningkatkan kualitas data dan informasi di Palu," ucapnya.
 
Setelah kunjungan ini, Ridwan menyatakan keinginannya untuk segera menerapkan berbagai inovasi yang telah dipelajarinya di Makassar.
 
Kunjungan ini diterima Kepala Bidang Persandian Kominfo Kota Makassar Abram Lululangi.

Dia menjelaskan secara rinci tentang tugas dan fungsi, serta tata kerja Diskominfo Makassar yang diatur Perwali Makassar Nomor 86 Tahun 2021.
 
Abram juga memaparkan berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Diskominfo Makassar dalam mendukung Makassar sebagai Smart City.
 
"Kami mempunyai sejumlah inovasi yang diterapkan untuk menunjang Smart City dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan keamanan kota," ujar dia.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024