Bentuk edukasi keuangannya nanti ada yang langsung disampaikan di panggung dan ada juga yang melalui 'saving agent'
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan menyelenggarakan festival musik Sampoerna Fest di Surabaya, Pontianak, Semarang dan Sorong.

“Bentuk edukasi keuangannya nanti ada yang langsung disampaikan di panggung dan ada juga yang melalui saving agent,” ucap Corporate Communications and Investor Relations Head Bank Sampoerna Ridy Sudarma di Jakarta, Rabu.

Ia menuturkan bahwa pihaknya akan memberikan pelatihan kepada para saving agent yang direkrut dari mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut agar dapat berbaur dengan pengunjung festival untuk mendiseminasikan informasi mengenai berbagai layanan keuangan.

Pihaknya mengharapkan penyelenggaraan festival tersebut akan lebih menarik minat masyarakat untuk memahami layanan keuangan dibandingkan melalui cara konvensional dengan pembelajaran di kelas-kelas.

Ridy mengatakan bahwa gelaran Sampoerna Fest yang pertama akan dilaksanakan di Surabaya pada Sabtu (25/5) ini dengan menghadirkan MALIQ & D'Essentials sebagai pengisi acara utama.

Baca juga: Bank Sampoerna salurkan kredit Rp11,6 triliun di kuartal I 2024

Baca juga: Bank Sampoerna mencatat penyaluran kredit tumbuh 13,2 persen di 2023


Ia menargetkan 3.000 pengunjung dapat teredukasi mengenai layanan keuangan di setiap kota penyelenggaraan acara.

Selain menyediakan edukasi keuangan, hiburan, serta berbagai booth kuliner, pihaknya juga memberikan asuransi crowd event bagi setiap pengunjung melalui kolaborasi dengan Chubb Life Indonesia.

Lending, Fintech Product, and Partnership Division Head Bank Sampoerna Oktavia Laksmi Wardani berharap bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi masyarakat, tapi juga bagi perseroan.

“Pasti akan ada dampak langsung dan tidak langsung. Sampoerna Fest ini seperti ceremony untuk beberapa program yang sudah ada dan juga agar (nasabah) yang sudah bergabung semakin nyaman, sementara yang belum mengetahui (terkait produk Bank Sampoerna), jadi tahu,” ujarnya.

Pihaknya pun berharap terdapat peningkatan jumlah nasabah setelah penyelenggaraan festival tersebut.

Oktavia menyatakan bahwa kegiatan tersebut telah direncanakan tiga bulan sebelumnya. Berbagai kegiatan pendahuluan pun telah dilakukan oleh kantor cabang Bank Sampoerna di Surabaya bekerja sama dengan komunitas-komunitas lokal.

“Biasanya sehabis event, yang datang ke kantor cabang banyak, yang nanya-nanya juga banyak, dan itu bukan hanya yang ingin menggunakan produk, tapi juga yang ingin bergabung dengan marketing program kami,” imbuhnya.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLKI) 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan nasional hanya 49,68 persen.

Secara detail, indeks literasi keuangan di kalangan perempuan mencapai 50,33 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan indeks literasi di kalangan laki-laki yang sebesar 49,05 persen.

Baca juga: Bank Sampoerna kunjungi nasabah di Bekasi dukung pemberdayaan UMKM

Baca juga: Bank Sampoerna terima agunan surat girik, pinjaman UMKM naik 81 persen


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024