Medan (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan mengimbau jamaah calon haji (JCH) asal Sumatera Utara mengenakan kain ihram sejak di Embarkasi Medan.

"Sejak di embarkasi jamaah sudah menggunakan kain ihram," ucap Sekretaris PPIH Embarkasi Medan Zulfan Efendi, di Medan, Rabu.

Sehingga begitu tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah tinggal pasang niat umrah dan langsung diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi.

Imbauan ini untuk memberikan kemudahan kepada jamaah calon haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar.

Hal ini menyusul masuknya keberangkatan gelombang dua jamaah calon haji Embarkasi Medan yang dimulai pada Jumat (24/5).

"Jika jamaah tidak memakai kain ihram dari Embarkasi Medan, maka harus mengenakan kain ihram saat tiba di Bandara Jeddah," tutur dia.

Baca juga: Kloter 01 CJH Embarkasi Banjarmasin bergerak ke Mekkah

Zulfan yang juga menjabat Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara menyebut, keberangkatan gelombang dua pada 24 Mei hingga 10 Juni 2024.

Terdapat 15 kelompok terbang (kloter) dari Embarkasi Medan yang akan diterbangkan ke Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah mulai kloter 11 sampai 25.

Data PPIH Embarkasi Medan menyebutkan sebanyak 3.216 calon haji hingga Kloter 9 Embarkasi Medan asal Sumatera Utara sudah di Tanah Suci.

Musim haji tahun ini, calon haji reguler asal Sumatera Utara sebanyak 8.624 orang yang tergabung dalam 25 kloter diberangkatkan sejak 13 Mei 2024.

"Hari ini kloter 10 merupakan kloter terakhir gelombang pertama dari Kabupaten Padang Lawas dan Kota Medan telah masuk Asrama Haji Medan pukul 8.30 WIB," ujarnya.

Dijadwalkan Kloter 10 Embarkasi Medan berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Kualanamu pada Kamis (23/5) pukul 19.50 WIB, jelas Zulfan.

Baca juga: Kemenhub memastikan kelancaran angkutan haji di Bandara Kertajati

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024