Banjarmasin (ANTARA) -
Jamaah calon haji (JCH) Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai bergerak dari Madinah ke Makkah, Arab Saudi.
 
"Kloter 01 berasal dari Kabupaten Banjar sudah bergerak sejak 21 Mei 2024," ujar Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalsel, Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Rabu.
 
Menurut dia, JCH Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan pada 12 Mei 2024 dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ke Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah Arab Saudi.
 
Dikatakan Tambrin, Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin ini setelah sampai di Makkah ditempatkan di Diyaar Ar Rushd Hotel.
 
"Mereka bersiap untuk melaksanakan umrah wajib," ujarnya.
 
Tambrin menyampaikan, bahwa Kloter 01 ini dibagi dua rombongan, rombongan pertama melaksanakan umrah adalah jamaah calon haji yang lansia yang memiliki pendamping bersama dengan jamaah lainnya.

Baca juga: Pemerintah berangkatkan 7.538 calon haji Indonesia pada Rabu
 
"Selanjutnya rombongan yang kedua adalah jamaah calon haji lansia dan risti tanpa pendamping akan dilaksanakan setelah rombongan yang pertama," katanya.
 
Setelah Kloter 01 ini, kata Tambrin, Kloter 02 hingga Kloter 07 yang sudah berada di Madinah secara bertahap juga bergerak ke Makkah.
 
"Hari ini Kloter 08 juga sudah diberangkatkan," ucapnya.
 
Sehingga, lanjut dia, tinggal 11 Kloter yang belum diberangkatkan, di mana keberangkatan selesai hingga 10 Juni 2024.
 
Sebagaimana diketahui, kata Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut, jadwal keberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin dari 22 Mei hingga 10 Juni 2024.
 
Jumlahnya, kata Tambrin, sebanyak 19 Kloter dengan total 5.759 JCH, yakni sebanyak 4.071 orang dari Kalsel dan sebanyak 1.688 orang dari Kalteng.
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024