Jakarta (ANTARA) - Anggota KPU RI Mochammad Afifuddin mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan lewat Pilkada Serentak 2024.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Afif dalam Peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Riau Tahun 2024 di Halaman Anjungan Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau pada Senin (20/5) lalu.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat ikut berpartisipasi memilih pemimpin untuk lima tahun ke depannya," kata Afif dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, pilkada menjadi bagian dari rutinitas, karena pergantian, keberlanjutan, juga kesinambungan dari pembangunan harus ada yang memimpin.

Oleh karena itu, seluruh KPU provinsi sedang melakukan Peluncuran dan Launching Pilkada Serentak 2024 di seluruh Indonesia.

Ia pun memastikan gelaran pilkada ini berjalan dengan lancar, aman, dan beradab. KPU RI mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan untuk Pemilu 2024 yang sudah berlangsung.

"Saya atas nama KPU RI, mengucapkan terima kasih terhadap partisipasi dan dukungan terhadap pemilu kemarin. Pilkada ini perlu dukungan dari kita semua, kami ingin mengajak untuk menyukseskan Pilkada 2024 di Provinsi Riau,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Riau, Rusidi mengatakan bahwa tahun 2024 ini adalah momen politik yang penting terbesar dan serentak nasional yang dilakukan setelah Pemilu 2024. Sehingga, hal ini menjadi kerajaan besar untuk menentukan kualitas demokrasi khusus di Riau.

"Tentu bukan pekerjaan yang mudah. KPU membutuhkan partisipasi semua elemen masyarakat menuju pemilu yang baik," ucap Rusidi.

Dia meyakini dengan pengalaman Pemilu 2024 yang berhasil dilaksanakan, Pilkada serentak 27 November mendatang dapat lebih baik dari sebelumnya.

Peluncuran ini juga akan memperkenalkan Maskot Pilkada di Provinsi Riau yaitu SI RADI dan SI RIDA, serta Jingle Pilkada Serentak 2024 berjudul Riau Beradab.

Selanjutnya, Pj Sekdaprov Riau, Indra mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Ia menambahkan untuk memilih calon yang dianggap memiliki visi, integritas, dan kompetensi tinggi untuk memimpin daerah.

Tak ketinggalan, semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk menciptakan pemilihan yang berkualitas dan berintegritas demi terwujudnya kehidupan demokratis lebih baik di Provinsi Riau.

Turut hadir, Ketua, Anggota, Sekretaris KPU Provinsi Riau, KPU Kab/Kota se-Riau, Kapolda Riau, Perwakilan Dandrem 031 Wirabima, Pemerintah Provinsi Riau, perwakilan partai politik dan Forkopimda Riau.

Baca juga: 916 calon anggota PPS pemilu Bekasi ikut tes wawancara
Baca juga: KPU tetapkan Angrek Integrasi maskot Pilkada Kaltim 2024
Baca juga: KPU Kaltim evaluasi pemilih kawasan IKN untuk persiapan Pilkada 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024