Teheran (ANTARA) - Pejabat tinggi dari sedikitnya 68 negara menghadiri upacara di Teheran pada Rabu (22/5) untuk memberikan penghormatan kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi dan sejawatnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter pekan ini.

Para pejabat asing itu disambut oleh Penjabat Presiden Mohammad Mokhber, penjabat Menteri Luar Negeri Ali Bagheri Kani dan pejabat pemerintah lainnya.

Upacara diadakan beberapa jam setelah ribuan orang mengikuti proses pemakaman di ibukota Iran untuk Raisi dan lainnya yang tewas dalam kecelakaan pada Minggu (19/5), termasuk untuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian.

Para pejabat asing yang hadir di antaranya Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Presiden Azerbaijan Ali Asadov.

Selain itu ada Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon dan ketua parlemen Lebanon, Aljazair, Kazakhstan, Ethiopia, Mali, Rusia, dan Uzbekistan yang turut hadir dan memberikan penghormatan mereka.

Sementara itu, pemerintah Turki diwakili Wakil Presiden Cevdet Yilmaz dan Menteri Luar Negeri Hakan Fidan yang hadir dalam upacara.
Baca juga: Dubes Turki sampaikan duka cita atas berpulangnya Presiden Raisi

Pejabat lainnya adalah para menteri luar negeri dari Lebanon, Mesir, Tunisia, Arab Saudi, Kuwait, Uzbekistan, Tajikistan, Belarus, Armenia, Azerbaijan, Sri Lanka, Afghanistan, Pakistan, Venezuela, dan Yordania.

Di sela upacara pemakaman tampak pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang kemudian mengadakan pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Raisi, Amir-Abdollahian dan lainnya tewas setelah helikopter mereka jatuh di Iran barat laut pada Minggu karena kondisi cuaca buruk.

Pihak berwenang telah memerintahkan penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan itu.

Raisi akan diterbangkan ke kota Masyhad di timur laut pada Kamis pagi dan dimakamkan di tempat suci Imam Reza, tempat ia menjabat sebagai penjaga dari 2016 hingga 2019.

Amir-Abdollahian akan dimakamkan di kuil Shah Abdul Azim di Teheran selatan pada Kamis pagi, sesuai permintaan keluarganya.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Kedubes Iran gelar doa bersama untuk Presiden Ibrahim Raisi
Baca juga: Ayatollah Khamenei pimpin shalat jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi
Baca juga: Menlu RI sampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Presiden Raisi

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024