total perjalanan commuter line Yogyakarta-Palur sebanyak 30 perjalanan per harinya, lebih banyak dibandingkan hari kerja yang mencapai 24 perjalanan
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI)/KAI Commuter menambah perjalanan enam commuter line Yogyakarta-Palur untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama angkutan pada saat libur panjang Hari Raya Waisak 2024 dan cuti bersama.

“Merespons kebutuhan warga di masa libur panjang Hari Raya Waisak, KAI Commuter kembali mengoperasikan enam perjalanan tambahan commuter line Yogyakarta-Palur (Jawa Tengah) mulai hari ini Kamis (23/5) hingga Minggu (26/5),” kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Dia menyampaikan bahwa dengan bertambahnya enam commuter line tersebut maka total perjalanan commuter line Yogyakarta-Palur sebanyak 30 perjalanan per harinya, lebih banyak dibandingkan hari kerja yang mencapai 24 perjalanan.

Anne mengatakan penambahan perjalanan itu sebagai upaya mengantisipasi kenaikan jumlah pengguna commuter line Yogyakarta. Pasalnya, pada hari libur dipastikan lebih ramai dibandingkan hari biasa.

Menurut Anne, pada libur panjang Waisak, pihaknya memprediksi adanya 100 ribu -130 ribu pengguna yang akan menggunakan commuter line Yogyakarta dengan volume terbanyak pada awal libur Kamis (23/5) dan akhir libur panjang pada Minggu (26/5).

“Sebelumnya, pada libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus lalu, tercatat sebanyak 113.126 pengguna, dengan volume tertinggi sebanyak 33.489 orang,” ucap Anne.

Baca juga: Penyesuaian tarif KRL bisa tingkatkan pemerataan layanan bus perintis

Baca juga: KCI kembangkan kapasitas perjalanan kereta lokal di wilayah 8 Surabaya


Selain itu, tambah Anne, KAI Commuter tetap mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB.

Di samping itu, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 – 17.50 WIB.

“Sepanjang Mei 2024 ini, terpantau di Stasiun Yogyakarta, rata-rata pengguna di stasiun tersebut sebanyak 8.500 – 9.500 orang per hari. Maka itu, Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada hari libur,” jelas Anne.

Untuk menghindari kepadatan di stasiun, tambah Anne, KAI Commuter mengimbau pengguna commuter line Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan. Pasalnya di stasiun ini biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.500-3.000 pada hari libur.

Dengan penambahan perjalanan commuter line Yogyakarta-Palur, KAI Commuter berharap dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line.

Anne menambahkan untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code.

Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

“Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas,” imbuh Anne.


Baca juga: KCI operasikan 60 perjalanan KA Commuter Line saat Lebaran

Baca juga: Penjelasan KCI soal video kepadatan penumpang di Stasiun Sudirman


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024