Harga tiket Rp25.000 ini khusus malam tahun baru...
Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 70.000 pengunjung diperkirakan akan memadati Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada malam pergantian tahun untuk menikmati pesta kembang api dan pagelaran musik.

"Kami memperkirakan akan ada 70.000 pengunjung yang datang ke TMII sepanjang malam tahun baru nanti. Jumlahnya meningkat dibandingkan tahun lalu yang mencapai 50.000 pengunjung," kata Manajer Humas TMII Suryandoro, di Jakarta, Selasa.

Suryandoro mengatakan peningkatan jumlah pengunjung disebabkan semakin banyaknya pagelaran yang disuguhkan pihak pengelola TMII.

Menurut Suryandoro, pihaknya telah mempersiapkan pagelaran musik dangdut Sagita Grup, wayang kulit dengan Dalang Ki Puguh Prasetyo, campur sari, organ tunggal, aneka kesenian daerah, hingga puncaknya akan dimeriahkan 3.639 kembang api.

Suryandoro menjelaskan perayaan dengan 3.639 kembang api memiliki makna yakni angka 3 dan 6 dipilih lantaran jika kedua angka itu ditambahkan akan menghasilkan angka 9 yang merupakan angka terbesar. Sedangkan 39 merupakan usia TMII pada 20 April 2014 nanti.

Sementara itu, Suryandoro juga mengatakan bahwa tiket masuk TMII akan naik menjadi Rp25.000 per orang mulai pukul 16.00-24.00 WIB nanti. Sebelum atau setelah jam-jam tersebut, harga tiket normal senilai Rp9.000 per orang.

"Harga tiket Rp25.000 ini khusus malam tahun baru. Harganya sama dengan tahun lalu, tidak mengalami kenaikan. Tiket ini untuk membiayai pagelaran yang kami suguhkan," kata dia.

Lebih jauh dia mengatakan pengunjung TMII tidak perlu khawatir mengenai keamanan di dalam lokasi. Sebab pihak TMII sudah bekerja sama dengan aparat gabungan TNI-Polri-Satpol PP untuk mengamankan malam pergantian tahun baru di TMII.

Aparat keamanan diterjunkan mulai dari pintu keluar Tol Cikunir hingga di dalam TMII.

"Di dalam TMII, kami kerahkan petugas internal yang diperbantukan sebanyak 2.500 orang. Mereka bersama-sama aparat juga akan membantu mengurai lalu lintas di dalam TMII pada malam pergantian tahun baru," kata dia.


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013