Kota Meksiko (ANTARA) - Konservasi Keanekaragaman Hayati Usumacinta (Cobius) pada Rabu (22/5) mengatakan sebanyak 146 monyet pelolong, atau Saraguatos, spesies terancam punah yang endemik di Meksiko selatan, mati akibat suhu ekstrem sejak pencatatan kematian dimulai awal bulan ini.

Media internasional melaporkan jumlah yang mati mencapai 138.

Sejak awal Mei, para ahli lingkungan dan penduduk wilayah bagian Tabasco dan Chiapas telah melaporkan bahwa primata tersebut, yang terkenal karena penampilannya yang tegap dan suara lolongannya yang khas, terjatuh dari pohon karena suhu tinggi dan dehidrasi.

Kementerian Lingkungan Meksiko pada 20 Mei menyatakan penyelidikan akan dilakukan atas kematian sebanyak 80 monyet.

Namun, hingga kini, tidak ada pejabat pemerintah yang dapat memberikan data resmi mengenai jumlah monyet yang mati,

Para pejabat menjanjikan untuk mengutarakan angka resmi dan penyebab di balik fenomena suram ini dalam jangka waktu sepekan ini.

Sejauh ini, hanya asosiasi sipil seperti Cobius yang mencoba mendokumentasikan kematian itu dan menerapkan strategi penyelamatan dan dukungan terhadap spesies tersebut, yang dinyatakan terancam punah pada 2022.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang penduduk asli Tobasco, memerintahkan menteri dalam negeri untuk mulai mengambil langkah yang mendukung spesies tersebut yang juga asli dari kampung halamannya.

Meksiko sedang mengalami gelombang panas ketiga berturut-turut pada 2024. Suhu telah meningkat hingga lebih dari 45C di beberapa wilayah negara tersebut, seperti Tabasco dan Chiapas.

Sejauh ini, sebanyak 26 orang dilaporkan tewas akibat suhu tinggi.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Kenaikan suhu setahun terakhir lampaui ambang batas
Baca juga: Ilmuwan ungkap faktor terpendam mengapa suhu 2023 begitu panas
Baca juga: Kemenkes berbagi tips menjaga tubuh tetap sehat di tengah cuaca panas

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024