Aimas (ANTARA) - Penjabat Bupati Sorong, Papua Barat Daya, Edison Siagian menyebutkan bahwa 81 calon haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji merupakan duta dari Kabupaten Sorong.

"Karena 81 calon haji adalah utusan dari Kabupaten Sorong maka jagalah kekompakan dan saling menjaga," kata Pj Bupati Sorong, Kamis.

Karena waktu perjalanan ibadah ini membutuhkan waktu 42 hari, cakap dia, maka jagalah kesehatan dengan baik supaya orientasi menunaikan ibadah haji nanti berjalan lancar.

"Sekali lagi saya harapkan para calon haji saling mengingatkan dan mendukung dalam kebaikan demi lancarnya ibadah haji ini. Sehingga ketika pulang dari tanah suci para calon haji menjadi haji yang mabrur," ujar Edison.

Baca juga: Jamaah haji Papua Barat Daya diharapkan jadi duta perubahan

Baca juga: Papua Barat-Papua Barat Daya harapkan penambahan kuota calon haji


Kabupaten Sorong menunjuk Kepala Dinas Transmigrasi dan ESDM Provinsi Papua Barat Daya, Suroso sebagai ketua rombongan haji.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji Kemenag Kabupaten Sorong, Ibrahim Kasop menerangkan seluruh calon haji asal Kabupaten Sorong terdiri 39 calon haji perempuan dan 42 calon haji laki-laki.

"Mereka akan berangkat dari Sorong pada Jumat, (24/5) ke Embarkasi Makassar menggunakan maskapai Batik Air," kata dia.

Kemudian, pada Sabtu (25/5), calon haji Kabupaten Sorong akan bergabung dengan seluruh calon haji Papua Barat dan Papua Barat Daya untuk mengikuti pelepasan secara resmi oleh Pj Gubernur Papua Barat dan Pj Gubernur Papua Barat Daya.

"Biaya transportasi dari Sorong menuju Embarkasi Makassar, maupun sebaliknya ditanggung Pemerintah Kabupaten Sorong," ucap dia.

Dari kategori usia, calon haji tertua asal Kabupaten Sorong adalah Abdullah Hussein dengan usia 78 tahun. Kemudian calon haji termuda berusia 36 tahun atas nama Intan Iriani.

"Seharusnya ada 82 calon haji yang berangkat pada haji tahun ini, namun ada satu orang meninggal dunia sehingga tersisa 81 orang," kata dia.

Sebelum diberangkatkan menuju embarkasi, seluruh calon haji telah mengikuti pembekalan manasik haji serta telah mengikuti pemeriksaan kesehatan.

"Sehingga kami memastikan para calon haji tersebut dalam keadaan sehat secara fisik dan mental untuk dapat melakukan perjalanan dan pelaksanaan ibadah haji," ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sorong melepas 81 calon haji dengan penyerahan bendera petaka dan koper kepada Ketua Rombongan Haji pada 21 Mei 2024 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sorong.*

Baca juga: Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya lepaskan jamaah calon haji

Baca juga: 84 calon haji Papua Barat Daya ikut pembekalan manasik

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024