Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 38.272 orang pada 22-23 Mei 2024 atau saat libur Hari Raya Waisak, menggunakan KA jarak jauh yang didominasi dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.
 
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan 35 persen dibanding periode yang sama pada minggu sebelumnya yang tercatat hanya 27.894 pelanggan.
 
"Volume pelanggan pada hari ini tentunya akan terus bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung," kata Luqman di Surabaya, Kamis.
 
Adapun pada periode sebelumnya, pada Rabu (15/5) tercatat hanya 13.899 pelanggan dan Kamis (16/5) sebanyak 13.995 pelanggan.
 
Selain itu, pihaknya juga mencatat ada lima KA jarak jauh yang menjadi favorit para pelanggan pada libur panjang Hari Raya Waisak 2024 ini.
 
"KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Probowangi relasi Surabaya Gubeng - Ketapang, KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta dan KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir," ucapnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak menggunakan kereta api pada libur panjang akhir pekan tersebut, agar dapat melakukan pemesanan tiket lebih awal.
 
"Sehingga para calon pelanggan dapat memilih waktu dan KA yang diinginkan. Namun, apabila waktu dan KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI," ujarnya.
 
Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan diskon sebesar 20 persen bagi para calon pelanggan yang hendak membeli tiket kereta api saat acara Bursa Pariwisata Jawa Timur selama 23 - 26 Mei 2024, di salah satu mal di Surabaya.
 
"Pembelian tiket berlaku keberangkatan mulai 24 Mei hingga H-45," tuturnya.
 
Promo diskon tersebut, lanjutnya, berlaku hanya untuk KA Jarak jauh dengan kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi.
 
"Promo ini tidak berlaku untuk KA PSO (subsidi), kereta luxury, priority, panoramic, compartment suite class, dan kereta wisata. Promo diskon juga tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal, tidak berlaku reduksi (kecuali infant), tarif khusus dan diskon lainnya," ujar Luqman Arif.
 
Dalam acara Bursa Pariwisata Jawa Timur tersebut, lanjut dia, industri pariwisata dapat secara langsung melakukan penjualan kepada masyarakat ataupun calon wisatawan yang akan datang berwisata di Jawa Timur.
 
"Partisipasi KAI dalam kegiatan Bursa Pariwisata Jawa Timur tahun 2024 ini dengan menghadirkan promo diskon, diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata yang ada di Jawa Timur melalui transportasi umum, khususnya kereta api," kata Luqman.

Baca juga: Volume penumpang di Stasiun Malang saat libur Waisak naik 37 persen
Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya siapkan 27.226 tempat duduk pada libur Waisak 2024

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024