Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal akan menghadapi petenis peringkat empat dunia Alexander Zverev pada pertandingan babak pertama perpisahannya dengan French Open.

Nadal yang telah memenangi Roland Garros sebanyak 14 kali menjadi nonunggulan setelah cedera panjang membuat peringkatnya anjlok menjadi 276.

Dia dan unggulan keempat Zverev bertemu di semifinal pada 2022 ketika petenis Jerman itu terpaksa mundur setelah mengalami cedera pergelangan kaki yang serius.

Nadal, juara 22 gelar Grand Slam, akan berusia 38 tahun pekan depan dan musim ini akan menjadi tur terakhirnya.

Dia memegang rekor kemenangan head to head 7-3 atas petenis Jerman Zverev dengan lima kemenangan terjadi di lapangan tanah liat.

Zverev tiba di Paris setelah mengangkat trofi Italian Open akhir pekan lalu di Roma.

Selain 14 gelar di Paris, Nadal juga memiliki rekor 112 kemenangan dan hanya tiga kekalahan, dua di antaranya terjadi saat melawan Djokovic yang akan mengejar gelar French Open keempat.

"Saya membayangkan melihat hasil undian, Nadal tidak akan senang," kata direktur turnamen French Open Amelie Mauresmo, dikutip dari AFP, Jumat.

"Zverev berada dalam kondisi yang sangat bagus, jelas terlihat sangat rumit. Namun Nadal adalah seorang pejuang, pesaing yang luar biasa. Itu adalah Rafa, jadi segalanya mungkin terjadi."

Baca juga: Pegula mundur dari French Open karena belum pulih dari cedera

Sementara itu, juara bertahan putra dan pemenang Grand Slam 24 kali Novak Djokovic akan menghadapi veteran Prancis Pierre Hugues-Herbert di pertandingan pembukanya.

Djokovic berusia 37 tahun pada Rabu (22/5) dan menandai kesempatan tersebut dengan memenangi pertandingan ke-1.100 dalam kariernya di Jenewa.

Petenis Serbia itu belum pernah memenangi gelar pada tahun ini dengan penampilan terbaiknya mencapai semifinal Australian Open dan Monte Carlo Masters.

Setelah pengundian dilakukan, Kamis (23/5), Djokovic diunggulkan untuk menghadapi Zverev di semifinal.

Petenis peringkat dua dunia Jannik Sinner yang merebut gelar Australian Open dari Djokovic pada Januari akan menghadapi petenis Amerika Serikat Christopher Eubanks.

Juara Wimbledon unggulan ketiga Carlos Alcaraz, semifinalis di Paris pada 2023, akan memainkan pertandingan melawan petenis kualifikasi.

Sinner dan Alcaraz diunggulkan untuk bertemu di semifinal tetapi keduanya menderita cedera yang memaksa mereka untuk melewatkan turnamen di Roma.

Baca juga: Nadal siap untuk perpisahan yang emosional di French Open
Baca juga: Swiatek incar gelar French Open keempat di antara petenis hebat

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024