Kawah Keramikan mengalami erupsi dan telah terjadi letusan sebanyak tiga kali tadi pagi. Kami mengimbau warga agar tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan
Lampung Barat (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Barat meminta kepada warga untuk tetap waspada dan tidak panik terhadap adanya erupsi Kawah Nirwana yang berada di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh.

Kawah Keramikan atau yang lebih dikenal kawah Nirwana tersebut mengalami erupsi pada Jumat 24 Mei 2024 pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widiya Muharram saat dihubungi dari Lampung Selatan, Jumat, mengatakan dengan adanya peristiwa tersebut pihaknya mengimbau warga agar tidak panik dan tetap waspada.

"Kawah Keramikan mengalami erupsi dan telah terjadi letusan sebanyak tiga kali tadi pagi. Kami mengimbau warga agar tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan, Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait serta melaporkan kejadian ini kepada pimpinan," katanya. 

Baca juga: Jalan Lintas Barat Liwa-Krui Lampung macet 2 km akibat tanah longsor

Ia mengatakan Kawah Keramikan yang merupakan kawasan wisata andalan Kabupaten Lampung Barat itu mengeluarkan suara dentuman keras seperti suara letusan hingga tiga kali dan mengeluarkan material pasir, lahar, hingga asap tebal, wedus gembel.

"Kawah Kramikan meletus tiga kali pagi tadi. Letusan pertama mengeluarkan sejenis pasir, letusan kedua mengeluarkan lahar, dan letusan ketiga, paling keras, mengeluarkan asap tebal seperti wedus gembel," ujarnya.

Atas kejadian itu kepolisian dan pihak terkait masih berjaga dan memantau situasi di sekitar letusan.

"Di lokasi letusan terpantau sudah normal dan kondusif, namun petugas melarang warga untuk tidak masuk ke area kawasan letusan dan tidak mendekati lokasi dengan radius satu kilometer," katanya.

Baca juga: Bus study tour asal Pesisir Barat masuk jurang di Tanggamus Lampung
Baca juga: Polres Pesisir Barat latihan personel Bahasa inggris jelang Krui Pro


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024