Kita diberi amanah menghasilkan profit meski ada situasi yang berimbas pada kenaikan harga 'crude oil'
Sorong (ANTARA) - Direktur SDM dan Operasi Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Tenny Elfrida menekankan pentingnya budaya health, safety, security and envirorment (HSSE) sebagai penunjang profit yang harus dipatuhi dan dijalankan semua pekerja dan mitra, termasuk di Kilang Kasim.
 
Tenny menjelaskan sebesar apapun profit yang diraih perusahaan tidak akan ada nilainya jika terjadi ketidakpatuhan bahkan sampai fatality dalam operasional.
 
"Karena safety itu nomor satu. Maka satu kasus fatality itu sudah terlalu banyak. Dimulai dari hal-hal kecil yang harus dilakukan, seperti mengisi PEKA dan semua prosedur lain. Jadi jika yang kecil-kecil itu kita menanggulangi harapannya tidak terjadi sampai fatality,” kata Tenny di Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Jumat.
 
Tenny juga menyebut beberapa aspek bisnis KPI secara keseluruhan, termasuk fluktuasi harga crude oil yang terdampak situasi geopolitik.

"Kita diberi amanah menghasilkan profit meski ada situasi yang berimbas pada kenaikan harga crude oil,” beber dia.

Baca juga: Kilang Kasim perkuat sinergi dengan mitra strategis di Sorong

Baca juga: Dirut Pertamina: Potensi bisnis petrokimia masih sangat besar
 
Dia menambahkan perusahaan juga harus berusaha mengurangi impor dan ini perlu diperhatikan. "Tadi saya juga lihat area open access yang cukup besar, ada akses ke jetty. Harapannya ada ide-ide yang bisa dikembangkan agar Kilang Kasim bisa semakin profit,” ujar Tenny.
 
Direktur SDM dan Operasi Bisnis PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Tenny Elfrida melakukan kunjungan Management Walkthrough (MWT) di Kilang Kasim pada 22 Mei 2025 didampingi VP Procurement & Asset Management PT KPI, M. Rizal Eswid beserta rombongan.
 
GM Kilang Kasim, Yodia Handhi Prambara yang menerima rombongan di ruang Puskodal Kilang Kasim menyebutkan suksesnya operasional Oil & Energy Industry dengan mengoptimalkan keandalan kilang yang mengedepankan HSSE.
 
"Kami berterima kasih atas kunjungan dan motivasi dari jajaran direksi KPI terkait aspek safety ke performa yang terus semakin baik," ujarnya.

Baca juga: Kilang Pertamina dapat 14 penghargaan bidang CSR dan ESG di Vietnam

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju salurkan 148.000 KL BBM momentum Lebaran
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024