Hari ini, Jumat 24 Mei 2024 terdapat 21 kelompok terbang dengan jumlah jamaah calon haji 8.188 orang akan diterbangkan ke Jeddah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan sebanyak 8.188 jamaah calon haji Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi, pada hari pertama gelombang II pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia, Jumat.
 
Seluruh jamaah calon haji yang tergabung ke dalam kelompok tersebut akan diterbangkan langsung menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, dan akan langsung bertolak menuju Makkah.
 
"Hari ini, Jumat 24 Mei 2024 terdapat 21 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah jamaah calon haji 8.188 orang akan diterbangkan ke Jeddah," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.
 
Secara rinci Widi menyebutkan seluruh jamaah calon haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, antara lain Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 orang atau satu kloter, Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter, dan Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter.

Baca juga: Embarkasi Surabaya mulai berangkatkan calon haji gelombang II hari ini
 
Selanjutnya Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 440 orang atau satu kloter, dan Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter.
 
"Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 440 orang atau satu kloter dan Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 880 orang atau dua kloter," ujarnya.
 
Kemudian, kata Widi, Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.800 orang atau lima kloter dan Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.855 orang atau lima kloter. Selanjutnya, Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter.
 
Selain itu Widi menyebut terdapat pula satu kloter terakhir jamaah calon haji yang diterbangkan ke Madinah, mereka adalah jamaah asal Embarkasi Solo (SOC) dengan jumlah 360 orang atau satu kloter.

Baca juga: Jamaah gelombang II diimbau kenakan ihram sejak di embarkasi Tanah Air
 
"Sehingga total 22 kloter dengan jumlah jamaah yaitu 8.548 orang yang hari ini diterbangkan ke Tanah Suci," lanjutnya.
 
Diketahui, Kemenag menyampaikan kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi, jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.
 
Selain itu Kemenag juga mengimbau kepada seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka SuperApp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

Baca juga: Jamaah Indonesia bersyukur petugas selalu sigap membantu

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024